Saturday, 31 December 2016

Menuju 2017

Apa makna tahun baru???

Pingin jalan-jalan...
pingin liat kembang api...
pingin ini pingin itu...

Tak terasa tahun 2016 akan segera habis. Mungkin hanya tinggal hitunga jam saja. Kenapa waktu bgitu cepat? apa saja nyang sudah kulakukan di tahun 2016? apakah ada yang menarik dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya? Seperti kebanyakan orang, aku juga memikirkan hal ini. Walupun belum semuanya tercapai, tapi banyak pelajaran hidup di Tahun 2016 yang membuat aku lebih "mengerti" banyak hal. 

Ya,,,hidup memang tak selamanya mulus. Terkadang kita menganggapnya enak. Tapi tergantung cara menyikapinya juga. beberapa orang akan menganggap hidup ini lebih mudah dengan menghindari berbagai keluhan. Sebagian mereka berpikir bahwa mengeluh tidaklah berguna. Apalagi untuk jenis keluhan yang ringan seperti, "aku nggak punya uang, padahal pingin ini itu ini itu". 

Tak dipungkiri bahwa setiap manusia memang memiliki sikap yang selalu berkeluh kesah. Ini merupakan hal yang wajar karena sudah manusiawi. Mengeluh memang tidak ada larangannya, tapi terkadang orang terlalu lebay ketika mengeluh. Terlalu menganggap dirinya adalah manusia yang paling apes. Padahal mereka tidak menyadari, ada banyak orang yang lebih "kasian" dan menginginkan kehidupan yang kita miliki. Ternyata memang benar, hidup itu hanya sawang sinawang. Apa yang menurut kita terlihat enak, ternyata orang tak merasakan keindahan dalam hidupnya, begitu juga sebaliknya. 

Tanpa disadari, waktu memang bergerak sangat cepat. Khususnya Tahun 2016 ini. Bagiku, banyak hal yang belum tercapai di Tahun 2016, salah satunya adalah Nik_ _  *SinyalIlang. Terkadang aku juga keran, banyak teman yang jarang ketemu, setelah ketemu, hal pertama yang ditanyakan adalah, "Kapan nikah"? Hmm...kalau dipikir-pikir memang sidah waktunya nikah sih. Tapi mau gimana lagi jika Tuhan belum memberikan pendamping. Yah..sabar aja dulu. Tapi suka kesel kalau banyak yang nanya hal itu. Jadinya agak sewot....hihihihi...

Tapi banyak hal yang aku pelajari setiap tahunnya. Hidup memang harus berjalan walaupun kita kehilangan orang-orang yang dulu dekat dengan kita. Ada yang bilang begini, "semakin kita dewasa, maka semakin kita kehilangan teman, sampai pada akhirnya hanya yang "beneran" temanlah yang alan ada hingga kita menjadi tua". Nantinya kita hanya hanya akan dipertemukan dengan pendamping hidup yang bernama "jodoh" yang akan menemani kita sampai tua. Sebanyak apapun teman yang kita miliki, nantinya juga akan melupakan kita. Tapi teman sejati akan selalu ada sampai kita beranjak tua dan tidak saling melupakan.

Banyak hal yang harus dipelajari tentang hidup. Tentang orang-orang yang aku benci. Tentang orang-orang yang menyakitiku. Tentang orang-orang yang tulus. Tentang orang-orang yang hanya pura-pura. Semuanya adalah pelajaran paling berharga. Dulu aku selalu menganggap bahwa semua orang itu baik. Tapi nyataya anggapanku 100% salah. Dunia ini tak semua penghuninya baik. Aku harus cukup bijak dan bisa lebih cerdas dalam menilai orang yang baik dan orang yang pura-pura baik. Walaupun ini sulit. Setidaknya sudah belajar banyak hal. Bijak dalam kehidupan sehari-hari buian semata-mata memilih-milih teman. Tidak. Aku bukanlah tipe orang yang pilih-pilih teman. Selama mereka baik, aku akan bersikap lebih baik. Tapi jika mereka penghianat, maka selamanya aku tak sudi mengenalnya.

Hidup ini sebenarnya sederhana. Kamu hanya perlu berteman dengan orang-orang yang opantas dan menganggapmu sebagai teman. Cukup mudah bukan? tapi yang membuatnya segala sesuatunya menjadi buruk adalah ketulusan. beberapa orang tulus dan beberapa orang tidak. Bahkan yang menjadi pembeda juga sangat tipis dan tak semua orang mampu melihat. 

Terima Kasih Tuhan....untuk setiap tahun yang oenuh dengan pelajaran berharga. Walaupun aku tak punya banyak teman. Setidaknya aku punya Ibu yang menyayangiku dan adik semata wayang yang aku sayangi. Waupun aku tak pernah menunjukan rasa sayang dan perhatianku pada mereka. Tapi percayalah, Mereka segalanya bagiku. I Love Them So Much....


Bye...2016 and Welcome 2017.
I wish it will be better of All. 




0 komentar:

Post a Comment