Tuesday, 7 June 2016

Filosofis Kolak










Filosofis kolak ini aku nemu dari Artikel Boombastis.com. Ini aku pakai buat nulis di Job ku, nulis juga sih. Tapi setelah aku baca, maknanya ternyata dalem banget, trus tertarik deh pingin Nulis di Blog juga. Tapi pas nulis di Blog, isinya ngga sama persis seperti di artikel Boombastis.com. Hanya cari sumbernya aja kok, ini link aslinya,

Mau tau seperti apa? Yuk simak tulisanku tentang Filosofi Kolak. Btw ngomongin Kolak jadi pingin Buka puasa pakai Kolak. #Eh #Abaikan.
Kolak memang terdengar tidak asing saat Puasa. Kebanyakan orang menyantap hidangan kecil ini untuk menu Pembuka saat Buka Puasa. Kolak mempunyai sisi lain yang banyak Orang gak tau. Hmm..apa aja ya? Yuk simak......

#TarikNafasDuluGaes. . . .




Kolak ada hubungannya dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Kolak bereasal dari kata Khala / Kholaqo yang dalam Bahasa Arab artimya Sang Pencipta. Maknanya adalah agar kita selalu ingat Sang Pencipta.
Kolak adalah anjuran untuk mengosongkan Doa. Ada yang berpendapat bahwa kolak berasal dari kata Khala yang artinya kosong. Menurut Wali Songo, manusia harus selalu bertobat,dengan begitu dosanya kosong lagi.
Kolak Ubi mengingatkan kita pada kematian.Menurut orang Jawa, ubi masuk dalam jenis makanan Polo Pendem / yang tumbuh di bawah tanah. Saat kita makan kolak kita harus ingat satu hal pasti.
Hal yang harus kita ingat dan terpendam seperti asalnya Ubi adalah Kematian. Artinya adalah kematian mungkin saja akan datang semudah kita menyendok kolak ke dalam mulut.


Pisang Kepok dalam Kolak mengajarkan untuk tidak berbuat dosa. Tidak semua Pisang pas untuk diolah menjadi kolak. Pisang yang cocok untuk kolak hanyalah pisang jenis kepok. Kepok artinya kapok.
Kepok atau Kepok mempunyai makna agar setiap kali kita makan kolak, kita harus ingat dosa yang telah tanpa sengaja kita perbuat. Kita harus jera agar tidak mengulangi hal buruk yang telah kita lakukan.
Santan kolak mengajarkan kita untuk Minta Maaf. Santan dalam bahasa jawa artinya Santen/kependekan dari Pangapunten yang artinya permohonan maaf. Saat kita menyantap kolak kita harus
 ingat sesuatu. Saat kita menikmati manisnya kolak, kita harus ingat untuk selalu meminta maaf dan memaafkan kesalahn Orang lain.

Nah...Siapa sangka kolak mempunyai Filosofis sedahsyat ini. Ternyata Ngga Cuma Kopi aja yang ada Filosofinya. Kolak juga. 

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts