Pages

Tuesday, 6 April 2021

7 Cara Mudah Mengatasi Website Yang Kena Hack

Sumber Gambar : Google


 

Mengetahui cara mengatasi website yang dihack memang sangat penting sebagai upaya untuk melakukan antisipasi. Dengan semakin berkembangnya zaman teknologi, maka akan semakin rentan terhadap yang namanya pembobolan situs alias hack.

 

Di Indonesia sendiri, aktivitas hacking sebenarnya bukanlah hal yang baru. Fenomena kemunculan kelompok peretas yang mayoritas terdiri dari anak muda tersebut tercatat sudah mulai eksis sejak satu setengah dekade silam bersamaan dengan perkembangan website dan transaksi digital yang semakin digalakan. Lalu, pernahkah Anda berfikir kalau ternyata website Anda yang terkena hack?

 8 Trik Agar Hacker Enggan Menyentuh Website

Cara mengatasi website yang dihack tentu harus menggunakan trik yang efektif agar bisa dilakukan semua orang khususnya bagi mereka yang menggunakan websitenya untuk bisnis online. Salah satu alasan mengapa hackers tidak menargetkan secara khusus WordPress mana yang akan menjadi korban adalah karena peretasan dilakukan secara otomatis.

 

Hackers akan menggunakan bot otomatis, seperti mesin pencari otomatis yang akan mendeteksi kesalahan-kesalahan di sebuah WordPress. Dengan menggunakan bot otomatis, maka akan memungkinkan hackers menyerang banyak situs sekaligus.

 4 Langkah Yang Harus Kamu Lakukan Jika Mengalami Blacklist Google

Hacking merupakan kegiatan meretas sistem baik software atau hardware dengan menggunakan sistem back door. Kegiatan ini juga dilakukan oleh individu, organisasi, atau negara untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer dan sistem yang bergantung pada teknologi.

 Pentingnya Web Hosting Untuk Bisnis Online

Aktivitas hacking dapat melibatkan modifikasi atau perubahan pada software atau hardware untuk melakukan aktivitas yang tidak dimaksudkan oleh penciptanya.

 

Mengapa Website Bisa Terkena Hack?

 

Maraknya pembobolan sebuah situs tentunya menyebabkan banyak orang merasa was-was khususnya bagi mereka yang memanfaatkan websitenya untuk bisnis online. Dengan begitu, Anda pun juga harus meningkatkan keamanan pada website karena aktivitas hacking ini tidak pandang bulu, website apapun yang memiliki celah akan tetap dihajar.

 6 Cara Mengatasi Phising Scam


Lalu, mengapa website bisa kena hack? Berikut alasanya;

 

1.Penggunaan plugins dan theme bajakan 

Penggunaan plugins dan theme bajakan sudah seringkali terjadi untuk beberapa orang yang ingin menggunakan theme premium yang disediakan oleh website yang tidak resmi. Hal ini sebenarnya sudah  di-inject script backdoor.

 

2.Pemilihan username dan passowrd yang tidak tepat

Dalam memilih password sebaiknya lakukan kombinasi antara huruf besar dan angka. Hindari penggunaan username admin, dan password yang juga admin. Dengan menggunakan kombinasi password yang tepat maka akan menyulitkan hacker untuk membobol situs Anda.

 

3.CMS yang jarang diupdate

 Sebagai pengguna WordPress, Anda tentu wajib memperbarui antarmuka serta sistem keamanan yang digulirkan oleh developer. Maka dari itu, usahakan untuk segera mengupdate CMS yang digunakan jika muncul versi terbaru. Banyak orang yang seringkali mengabaikan pesan untuk melakukan update sehingga website rentan terkena hack.

 

4.Performa server yang buruk

 Dalam memilih server sebaiknya Anda harus berhati-hati. Hindari menggunakan server abal-abal agar tidak menyesal di kemudian hari. Pemilihan server yang berkualitas juga akan membantu meningkatkan performa website sehingga keamanan lebih terjamin dan terhindar dari hacker.

 

5.Terlalu sering menggunakan koneksi public

 Meski banyak yang menyediakan akses wifi gratis, maka Anda juga harus berhati-hati. Dalam beberapa kasus, Public Wi-Fi juga dilaporkan menyimpan log informasi dari pengguna, jadi jika Anda mengakses internet banking atau login sosial media nantinya bakal tercatat semua dan memudahkan hacker untuk melakukan pembobolan terhadap data-data penting Anda.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Website Yang Terlanjur Kena Hack?

 

Seiring semakin merajalelanya hacker, maka Anda yang memiliki website untuk berbisnis tentu akan memaksimalkan keamanan. Namun, jika memang sudah terlanjur di hack, maka Anda tidak perlu khawatir.

 Berikut langkah mudah yang harus Anda lakukan jika website terkena hack.


1.Anda perlu masuk ke wordpress Anda dan lakukan screenshot semua gambar hingga opsi widget. Nantinya hasil screenshot akan membantu mengingat tampilan WordPress, karena akan membangun ulang WordPress.

 

2.Langkah selanjutnya adalah dengan copy kode HTML khusus dan paste di Notepad. Jika memiliki banyak style CSS yang berbeda, Anda bisa copy dan paste di tempat yang berbeda. Pastikan tempat Anda dalam  menyimpan kode bisa di akses dengan mudah. Kemudian Anda tinggal klik tools dan export, lalu ekspor semua konten.

 

3.Buka Avast anti virus. Kemudian pindai atau scan semua konten yang baru saja Anda ekspor. Selain itu pastikan konten-konten tersebut aman. Kemudian ambil beberapa gambar tampilan luar blog untuk mengingat tampilannya.

 

4.Buka Filezilla. Di sini Anda harus terhubung ke host melalui FTP untuk mengambil folder yang Anda unggah sebelumnya. Untuk terhubung ke FTP, Anda harus login ke host dan menemukan kredensial yang tepat. Dalam hal ini penyedia host nantinya akan membantu membuat akun FTP.

 

5.Setelah memiliki kredensial, kemudian hubungkan Filezilla ke server host. Di sini akan terlihat file di sebelah kanan dan sebelah kiri. Sebelah kanan adalah file di server dan sebelah kiri adalah file yang ada di komputer.

 

6.Untuk menemukan folder yang sebelumnya sudah diunggah, maka bisa dilihat di Wp Content atau Uploads. Nantinya akan ada folder file. Klik kanan di setiap folder Anda. Kemudian klik unduh /download. Simpan hasil unduhan di file sebelah kiri.

 

7.Setelah semuanya terunduh, scan kembali menggunakan avast Anti-virus untuk memastikan semua folder aman dari malware.

 

Website yang terkena hack bisa karena berbagai alasan. Hal yang paling sering menjadi penyebabnya adalah kurangnya pengamanan untuk website. Hackers memang banyak dikenal dengan aktivitasnya yang ilegal dan merugikan, namun tidak semua, tergantung motivasi dan legalitas atas aktivitas tersebut. 

 

Bagaimana Caranya Agar Aman Dari Hacker?

 

1.Ganti password cPanel anda secara berkala. Gunakan password yang sulit ditebak. Kombinasikan huruf, angka dan karakter khusus agar password sulit ditebak.

 

2.Ubahlah password user atau adminsitrator website Anda. Jangan gunakan user dengan nama “admin”, karena itu sangat mudah sekali ditebak. Gunakan nama lain yang tidak terlalu familiar.

 

3.Pastikan bahwa komputer Anda tidak terdapat keylogger, trojan atau malware. Jika komputer Anda sudah terinfeksi, maka ketika Anda melakukan update content website bisa jadi website Anda juga akan terinjeksi virus yang berasal dari komputer Anda. 

 

4.Selalu lakukan update Wordpress ke versi terbaru. Selain masalah core WordPress-nya, lakukan update pada bagian theme dan plugin yang digunakan.

 

5.Lakukan backup manual secara berkala ke PC Lokal. Hal ini sangatlah penting. Jika hacker menghapus data website Anda, maka Anda masih memiliki backup file cpanel yang telah tersimpan di komputer Anda.

 


~MissAnt~

 


0 komentar:

Post a comment

Popular Posts