Friday, 5 June 2020

Ini lho Bedanya Lagu KEKEYI BUKAN BONEKA dan AKU BUKAN BONEKA



Sumber Gambar : Google

Jadiiiiiii kayaknya lagi rame dari kemarin soal yang katanya lagunya Kekeyi persis sama lagunya Rini Idol yang judulnya AKU BUKAN BONEKA. Sedangnya yang punyanya Kekeyi, judunya “KEKEYI BUKAN BONEKA”. Sekilas yang membedakan di sini adalah BUKAN BONEKA. Ya emang benar, mereka bukan BUKAN BONEKA karena mereka adalah KEKEYI dan RINI. Hahaaaa……*IyainAjaBiarCepet

Sejak kemunculannya beberapa waktu lalu, ternyata lag barunya Kekeyi ini justru dianggap plagiat sama lagunya Rini Idol. Waktu itu aku nonton videonya, kebetulan diupload pas lagi anget-angetnya. Kenapa aku kebetulan cepet banget nonton padahal wakru itu belum trending nomer 1 di Youtube? Karena aku sering kepo Yutubnya Kekeyi. Kenapa coba? Karena doi juga sempet trending pas mukbang itu loh. Jadinya malah aku penasaran liat mukbangnya beserta adik-adik Kekeyi yang ternyata adalah ayam-ayamnya, salah satu Namanya adalah Elsa.

Tapi ya….kalau dilihat-lihat channelnya, itu anak memang konyol banget. Apalagi pas aku nonton yang pas mandiin angsa. Sumpah kaga berenti ketawa akutu. Terlalu selo banget kenapa angsa dimandiin. Udah gitu angsanya kayak nggak nolak dimandiin sama kak Kekeyi.

Pertama aku nonton videonya, aku sama sekali nggak kepikiran bagian mana yang menjiplak lagunya Rini. Tapi setelah nonton videonya Rini (eee buseeeett aku mpe bela-belain cari lagunya karna penasaran banget), kayaknya yang mirip Cuma bagian, “Aku bukan boneka” dan “Keke bukan boneka”. Kalau untuk urusan lainnya memang aku nggak tau sih. Hanya saja, setelah melihat kedua videonya, bedanya Cuma itu doang.
Kalau bagi pencipta terdahulu ataupun penyanyi yang dulu dianggap sama, aku kurang paham soalnya aku kaga ahli di bidang per-musik-an. Cuma ngebandingin lewat video keduanya.

Kalau menurutku aku, berikut beberapa perbedaan antara lagunya Kekeyi dan Rini Idol;

1.Lirik lagu

Untuk urusan lirik lagu, tentunya udah beda banget. Coba lihat liriknya Keke sama yang punyanya Rini. Itu udah beda banget. Yang sama Cuma pada bagian, “Aku bukan boneka” sama “Keke bukan boneka”. Tapi kalau menurut para ahli musisi itu dianggap plagiat. Itu yang bagian mana yak? Aku sebenarya nggak ngefans sama dua-duanya. Tapi pastinya semua orang punya keunikan tersendiri.

2.Tema video

Yang aku lihat, kalau lagunya Rini lebih terlihat dewasa gitu. Temanya mungkin anak ABG lagi bucin lalu Cuma dijadikan mainan alias boneka sama kekasihnya. Mungkin boneka yang dimaksud di sini adalah, dengan gampangnya kena dibohongi. Sekilas memang vidoenya kekeyi juga begitu. Dilihat dari liriknya, intinya Cuma dibohongi sama cowoknya. Kira-kira begitu.

Videonya kekeyi memang temanya unik sih. Beda sama videonya Rini yang temanya udah jelas banget yaitu ABG-ABG gitu. Kalau Kekeyi ini lebih ke campuran gitu. Dia kostumnya juga apa maksdunya. Pakai kebaya lalu ada jilbabnya yang kuncir dua kayak Sailormoon gitu. Jujur emang temanya Kekeyi itu unik. Apalagi dua cowok yang pakai kostum ala-ala jepang (btw itu jepang kan yak, as I know sih kek film-film samurai gitu).

3.Setting tempat

Nah….yang ini emang menarik sih. Kalau Kekeyi ini tempatnya kayak di pasar malem gitu nggak sih? Kan ada tu, bagian kanan atau kirinya itu kayak ada orang jualan. Coba liat sendiri deh. Ini tempatnya emang di outdoor atau di indoor dan dibikin kayak outdoor. Sedangkan untuk videonya rini itu udah pasti indoor dan Bersama ABG-ABG lainnya.

4.Jenis music

Jika dilihat dari aransemen atau  jenis musiknya atau apalah itu Namanya, lagunya Rini memang lagu ABG pada umumnya. Menggambarkan tentang perasaan seorang wanita yang kecewa namun tetap dibikin hepi. Jadinya ya kayak gitu. Musiknya juga enak.
Kalau aku pas pertama kali nonton videonya Kekeyi, yang aku rasakan musiknya kayak music odong-odong tapi asik banget. Jadi lagunya bikin terngiang-ngiang. Pas denger lagu itu kayaknya pingin ikutan joget kayak Kekeyi. Haha…..konyol sih, tapi lucu-lucu gimana gitu. Yang jelas bukan menggambarkan rasa kecewa lantaran dijadikan boneka tetapi justru lucu aja.

5.Dance yang beda banget

Sekarang ngomongin tentang dancenya. Yang pasti udah beda donk. Kalau lagu yang dibawakan Kekeyi ini ada dance yang ala-ala TikTok (woah). Itu pokoknya, Cuma nak-anak TikTok yang paham deh. Lagian, beberapa jam setelah videonya Kekeyi muncul itu, di Tiktok udah banyak yang niruin dance pada part tertentu. Dan aku adalah orang yang ikutan dance itu trapi malu buat post di Tiktok. Hahaha……meski lagunya kayak lagu odong-odong, tapi jujur asyik banget kok.

Maapkan aku Kekeyi, bukannya aku menghina karyamu. Meski agak mirip-mirip lagu odong-odong, tapi asyik banget kok. Bikin terngiang-ngiang lagunya.

Setiap orang memang ingin berkarya di bidang yang mereka sukai. Aku nulis ini bukannya ngebela ataupun ngefans sama salah satunya. Hanya saja  ingin berkomentar sedikit mengenai perbedaannya berdasarkan yang aku lihat di kedua video tersebut. Aku nggak tahu tentang kehidupan Rini maupun Kekeyi. Yang jelas, kadang aku lihat Rini di Tiktok dengan dancenya. Begitu juga dengan Kekeyi di Tiktok juga karena sering dijadikan meme-meme lucu karena punya adik-adik ayam. Heheee….

Jadi itulah bedanya dari sudut pandang aku yang hanya kang ketik dan bukan ahli dalam permusikan. Nulis begini karna baca-baca di twitter dan di IG lagi heboh tentang Boneka-boneka yang ternyata adalah manusia. Heheee…..

See you SAHABAT……

~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts