Saturday, 25 April 2020

7 Tips Memilih Software Absensi Yang Tepat Untuk Perusahaan

Sumber Gambar : Google



Dengan teknologi yang terus berkembang tentunya membuat banyak perusahaan memilih software absensi yang tepat dan berkualitas. Penggunaan software dalam perusahaan juga akan memudahkan kegiatan dalam  membangun komunikasi antar tim dan juga lebih kompetitif jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya.

Setiap perusahaan trentunya memiliki mesin pencatat absen yang berbeda-beda. Banyaknya jenis dan merk dipasaran, membuat konsumen harus selektif dalam memilih. Dan nyatanya, memilih software terbaik untuk absensi memang tidak mudah karena kamu harus mempertimbangkan banyak hal.

Adanya mesin absensi ini tentunya akan memudahkan seorang HRD dalam mengecek karywan yang terlambat datang meski hanya 1 menit saja. Berbeda dengan absen manual yang bisa saja dicurangi perihal kehadiran karyawan. Hal ini juga akan menjadi paramater bagi divisi HRD dalam mengevaluasi kinerja karyawan setiap tahunya dalam penilaian untuk kenaikan gaji ataupun dalam kenaikan jabatan.

Ada 3 jenis mesin absensi yang paling sering dipakai oleh perusahaan. Di antaranya adalah mesin absensi digital berbasis PIN, magnetic card, dan mesin absensi biometric. Untuk bisa menentukan jenis mesin absensi yang akan digunakan demi mendapatkan software absensi terbaik, maka harus memperhatikan beberapa tips untuk memilih software absensi terbaik untuk perusahaan.

Bagaimana cara memilih software absensi yang tepat untuk perusaahan?

1.Perhatikan fitur dan spesifikasinya

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih software absensi adalah fitur dan spesifikasinya. Ini penting banget. Apakah nantinya memiliki fitur dan spesifikasi sesuai kebutuhan kantor atau tidak. Syukur-syukur juga sudah dilengkapi dengan aplikasi payroll seperti Krishand payroll yang dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan sistem penggajian karywan.Banyak perusahaan yang telah menggunakan Krishand payroll karena fiturnya menarik dan harga yang tergolong murah.

2.Pahami kebutuhan perusahaan

Di sini kamu harus paham kira-kira seperti apa software absen yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Apakah mesin absensi nantinya hanya mencatat jam hadir dan pulang saja atau sudah mencatatnya secara detail hingga keterangan ijin atau sakit,  bahkan sampai mensinkronkan dengan sistem gaji karyawan berdasarkan kehadiran. Ini sangat penting untuk dipahami.

3.Pastikan memilih mesin absensi yang terlisensi, terpercaya dan berpengalaman

Mengapa ini sangat penting? karena hal ini untuk mengantisipasi terjadinya eror sistem. Pastikan juga track record-nya baik atau tidak. Lisensi mesin merupakan jaminan bahwa mesin tersebut benar-benar produk original dengan kualitas terbaik.

4.Memiliki jaminan support yang maksimal

Khususnya pada perusahaan besar, tentunya sangat penting untuk memilih software absensi dengan support yang maksimal. Perusahaan pengembang yang profesional biasanya sudah menyiapkan layanan hingga 24 jam setiap hari untuk para konsumen mereka. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kendala.
5.Mencoba versi Trial terlebih dahulu

Biasanya para pengemban produk sofware akan menyediakan versi trial pada calon konsumennya. Ini bisa jadi kesempatan untuk mengetahui bagaimana kinerjanya. Kalau sudah benar-benar cocok, maka bisa langsung memutuskan untuk membelinya.

6.Tanyakan apakah nantinya akan mendapatkan layanan Purnajual terbaik atau tidak

Layanan purnajual (aftersales) sangatlah penting diketahui. Jangan sampai tidak ditanyakan. Mesin absensi bukanlah inventaris biasa yang sekali pasang langsung selesai. Perlu dibekali training, instalasi dari tim teknisi, dan juga layanan maintenance ketika mesin absensi mengalami kendala.Untuk itu harus jeli dalam memilik merk mesin absensi. Pastikan merk yang Anda beli menawarkan layanan purnajual secara maksimal.

7.Sesuaikan harga softaware absensi dengan anggaran yang dimiliki

Tidak semua software absensi menawarkan harga yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Kadang kualitas yang bagus namun anggaran yang dimiliki tidak cukup. Pilihlah yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Itulah cara mudah memilih software absensi yang tepat untuk perusahaan. Semoga bisa membantu dalam memilih aplikasi terbaik untuk perusahaan.


 ~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts