Wednesday, 1 May 2019

3 Keuntungan Hadir di Resepsi Piring Terbang



Tak Cuma jadi ratu sehari yang akan dilayani dengan sepenuh hati....

*ElahDah

Pernah dengar nggak? Resepsi piring terbang. Eh...tapi ini bukan berarti yang dimaksud adalah piringnya dilempar gitu loh. Maksud dari piring terbang di sini adalah makanan yang disajikan diantar oleh seseorang yang bertugas mengantas makanan. Jadi kita hanya tinggal duduk manis saat menghadiri pernikahan. Kita akan diperlakukan bagai raja dan ratu selama acara berlangsung.

Sebenarnya ada beberapa resepsi di Indonesia, tapi kalau aku pribadi lebih suka ala Piring Terbang.  Seiring kemajuan zaman yang semakin modern, resepsi piring terbang kini semakin musnah. Mungkin hanya dijumpai di beberapa daerah seperti, Klaten, Solo, Jogja dan sekitarnya. Itupun hanya beberapa daerah saja.

Tidak melulu membosankan, ternyata ada beberapa keuntungan menghadiri acara resepsi piring terbang, di antaranya adalah

1.Dilayani bagai ratu dan raja.

Bagai ratu dan raja itu kalau yang dateng sepasang kekasih kalik, kalau hadirnya sendirian ya sama aja ratu doang, nggak ada rajanya. Mwahahahahaha...

Tidak seperti resepsi prasmanan, saat menghadiri pesta resepsi piring terbang kita hanya kan diperkenankan buat duduk manis dan dilayani. Semua hidangan akan disajikan satu persatu dan yang pasti kita akan menikmati semua hidangan tanpa khawatir nggak kebagian. Enak kan?

2.Ikut menyaksikan prosesi acara.

Yang aku suka dari hadir di acara pernikahan adalah prosesi acaranya. Dengan ala-ala piring terbang ini, kamu bisa duduk manis sambil menyaksikan prosesi acaranya, mulai dari acara panggih (pertemuan pengantin pria dan wanita) hingga adat jawa lainnya. Ya itung-itung belajar buat nikah besok. *Uhuk...

3.Lebih tertata rapi.

Kalau aku dapet undangan pernikahan, maka yang langsung kepikiran adalah, jenis resepsinya, piring terbang atau bukan? Kenapa aku sedetail itu? Ya karena aku lebih suka hadir di acara yang terkesan rapi. Resepsi piring terbang itu taratur, dalam arti datangnya setiap menu dimulai dari hidangan pembuka hingga penutup secara urut.

Urutan keluarnya menu di resepsi piring terbang dinamakan USDEK, berikut urutannya

U : Unjukan atau Minuman. Biasanya minuman sudah disajikan di meja sesuai dengan banyaknya kursi. Jadi jangan kaget, kalau sudah tersedia teh manis banget saat kamu duduk. Tapi jangan langsung diminum lho, nanti kamu bisa dipelototin orang-orang sekitar.




Bisanya setelah beberapa saat, akan ada snack yang diantarkan, dari situlah para among tamu akan mempersilahkan kita untuk menikmati teh manis lengkap dengan snacknya. 


S : Sup. Ini biasanya terdiri dari beberapa pilihan seperti, sup matahari, sup manten, selat atau aneka sup lainnya. Kalau menu ini, aku paling suka sup matahari sama selat, apalagi kalau selat solo, enaknya NAGIH banget. *MendadakPinginMakanSelatLagi





D : Dhahar atau makan siang. Nah..ini nih yang paling ditunggu-tunggu. Meski sudah muncul beberapa menu, tapi belum lengkap kalau menu nasinya belum keluar. Untuk menu Dhahar ini juga berbeda, salah satunya seperti ini. Meski nasinya hanya sedikit, tapi percayalah kalau itu sangat mengenyangkan.


Oiya, pilihan menu Dhahar dalam setiap catering berbeda-beda. Kalau kemarin aku dapet menu ini. Udangnya enak banget. Pokoknya serba enak kalau cateringnya di Ambrosia, buat kalian yang mau catering di Ambrosia bisa hubungi alamatnya di kertas merah tersebut.

E : Hayo tebak E-nya apaan? Iyak bener, Es. Menu ini sekaligus menjadi menu pencuci mulut. Tapi kenapa nggak buah aja, ah….nggak papa ding, yang penting enak. Untuk menu Es yang aku dapet kemarin warnanya Pink. Sebenarnya ada yang coklat sih, tapi dapetnya yang pink, yaudah deh ya makan aja rempong banget.



K : Oke berhubung semua menu sudah dikeluarkan, maka sekarang giliran Kundur atau Pulang. Biasanya pengantin akan dituntun menuju pintu keluar untuk menyalami para tamu yang akan pulang. Nantinya para tamu undangan akan bersalaman dengan pengantin sebelum pulang.

Biasanya proses salaman ini dipisah yaitu tamu laki-laki bersalaman dengan pengantin laki-laki dan tamu perempuan bersalaman dengan pengantin perempuan. Ini sudah aturan atau bagaimana aku juga nggak tau. Soalnya tiap dateng ke resepsi piring terbang selalu begini prosesnya.

Gimana? Apapun pilihannya, minumnya tetap…..*LohLohLohMalahIklan
Apapun jenis resepsinya pasti punya kelebihannya masing-masing, seperti halnya resepsi piring terbang yang kini hampir punah dengan tergesernya budaya baru.

~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment