Sunday, 12 May 2019

5 Hal Kecil Yang Bikin Puasa Kurang Maksimal

Sumber gambar : Google



Bulan puasa merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. Di bulan ini banyak orang yang memaksimalkan ibadahnya karena banyak berkah dan kemuliaan yang akan didapatkan selama bulan ramadan. Siapa sih yang tidak ingin mencari berkah di bulan suci ini? Tapi kenyataanya tidaklah mudah karena kita harus perang melawan diri sendiri.

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi juga harus pandai menjaga lisan dan perbuatan. Tanpa sadar, kita sering menyepelekan hal kecil yang sebenarnya kurang memaksimalkan ibadah puasa. Lalu apa sajakah itu?
Berikut hal kecil yang membuat puasa kita kurang maksimal.

1.Ghibah.

Bagi orang yang sudah terbiasa ngomongin orang, tentu saja ini tidak bisa berhenti begitu saja meski sedang puasa. Kalau orang sudah ngomongin orang, nanti ujung-ujungnya bakalan merembet ke mana-mana yang semakin menjelek-jelekan. Kalau kamu punya temen yang suka ngegosipin orang-orang, sebaknya hindari dulu selama puasa karean hanya akan membuat puasamu berantakan. Nah,,,nggak mau seperti itu kan?

2.Marah-marah.

Yang namanya manusia pasti kadang bikin kesel dan bikin kesel banget (Loh...ini gimana sih). Puasa itu tidak sekedar menahan lapar dan minum saja karena kita harus bisa menahan amarah dengan orang sekitar. Kadang ada hal yang bikin kita jengkel di jalan raya lantaran kelakuan pengendara yang membahayakan kita. Rasanya pingin ngomel  tapi kok puasa.

Cara mudah mengatur waktu selama puasa

Tips ampuh mengatasi ngantuk saat puasa

Selain itu ada juga tipe orang yang mudah marah hanya karena hal sepele,  padahal dia sendiri lagi puasa. Nah, tipe orang seperti itulah yang hanya dapet lapar dan haus doang tanpa bisa melawan hawa nafsunya buat marah-marah walaupun hanya hal kecil.

3.Selalu berprasangka buruk.

Kita tidak pernah tahu apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Jagan pernah berprasangka buruk terhadap orang lain jika tidak benar-benar mengenalnya. Kita pasti pernah mendengar seseorang yang sok tau banget tentang orang lain padahal tidak ada fakta yang membuktikan atau hanya sekedar berprasangka buruk.

Sifat tersebut haruslah dihindari, terlebih saat sedang melaksanakan ibadah puasa karena hanya akan merusak puasa. Sejatinya puasa adalah menahan hawa nafsu, jadi sekalinya kamu berprasangka buruk maka selamanya pikiranmu akan selalu berprasangka buruk meski kamu tidak benar-benar mengenal orang yang kamu anggap buruk.

4.Mudah tersinggung.

Hanya karena menahan lapar, lalu kamu akan lebih mudah tersinggung. Waduh....kalau caranya seperti ini berarti kamu hanya kelaparan saja. Yang namanya puasa, itu artinya kita bisa legowo dalam situasi apapun. Jangan mudah tersinggunglah, mikir yang positif aja. Latih pikiranmu dengan hal-hal yang baik saja, dengan begitu hidupmu akan dipermudah. Trust me.

5.Kurang sabar.

Sabar memang mudah diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Betul begitu kan? Saat sedang berpuasa, seseorang juga dilatih tingkat kesabarannya. Jika ia berhasil maka akan mendapat pahala, tapi jika kurang sabar maka puasanya kurang maksimal. Menjadi kekasih Alloh tidaklah mudah, tapi bayangkan jika kita menjadi orang sabar dan menjadi kekasih Alloh, tentunya minta apa saja dikasih. Tapi yaa itu tadi, jadi orang sabar tidak mudah. Hanya orang-orang terpilih saja.

Nah, kira-kira di antara kelima hal di atas, mana hal yang sering membuatmu kurang maksimal dalam berpuasa? Atau kalau ada lagi selain di atas, bisa ditambahin di kolom komentar ya?

~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts