Tuesday, 13 November 2018

8 Hal Kecil Yang Berpengaruh Besar



Pernah nggak kalian berfikir kalau ternyata hal kecil yang kita abaikan sangat berpengaruh besar. Memang sih, awalnya mereka seringkali bilang, “Ah…Cuma gitu aja, nggak penting banget lah”. Tapi sebenarnya, ini sangat penting yang memiliki dampak positif bagi orang lain yang mendengarnya.

Seperti diketahui bahwa sekarang ini etika semakin luntur, hal ini dibuktikan dengan adanya persoalan  kecil yang sering diabaikan dan ternyata masih punya pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa saja hal kecil yang sebenarnya memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari?

1. Meminta Maaf.

Meski banyak melakukan kesalahan,  tentunya beberapa orang masih gengsi meminta maaf. Ya memang sih, meminta maaf menjadi hal yang sulit. Namun, hal ini memiliki pengaruh besar dan bisa memberikan pengaruh positif dalam hidup. Ingat ya, jangan pernah gengsi buat minta maaf duluan.

2. Mengucapkan Terima Kasih.

Pernah nggak mengucapkan terima kasih meski hanya dengan bantuin kecil. Kalau hal ini jujur aja aku juga sering mengabaikan. 
*KemudianNgumpetDibawahKasur. Meski begitu, sekecil apapun itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

3. Ingat Nama Seseorang.

Meski sepele, kadang kita sering melupakan nama seseorang. Iya nggak? Ngaku aja deh. Mentang-mentang udah nggak ketemu lama, pas ketemu di jalan langsung nyeplos, “Eh…iya kamu…eh namamu siapa ya. Aku ingat wajah kamu tapi lupa nama kamu”.

Nah…loh….siapa  yang pernah begini? Trus kalau kamu diginiin rasanya gimana? Merasa nggak dianggap keberadaannya? Merasa nggak penting? Efeknya sampai segitunya kan? Makanya, hargai seseorang, minimal kamu selalu ingat namanya. Meski sepele, ternyata bisa membuat orang lain senang. Percaya nggak?

Jadi gini, aku udah lama banget nggak ketemu sama temen SMP. Trus dia dapet nomerku dari salah satu temen SMP yang lain. Kemudian ada nomer asing mengirimkan pesan melalui whatsapp, “Halo Ta, masih inget aku nggak? Katanya, sambil menunjukkan fotonya. Lalu aku balas, “Eh kamu Nadia ya, apa kabar? Sekarang di mana?

Tau nggak Nadia bilang apa selanjutnya. “Alhamdulillah kamu masih inget namaku Ta”. Lalu kami ngobrol lewat telfon. Sesederhana itu saja bisa bikin orang lain bahagia kan? Padahal Cuma ingat nama. Bukankah kebahagiaan yang haqiqi....

4.Datang tepat waktu.

Ada yang bilang begini, “lebih baik datang lebih awal 30 menit daripada terlambat 3 menit”. Pernyataan tersebut memang benar adanya. Disiplin dimulai dari diri sendiri. Nah....ngomongin  soal datang tepat waktu, kira-kira kamu masih sering terlambat nggak? Kalau masih tidak bisa menghargai waktu, sebaiknya diubah mulai sekarang ya? *KayakDiriSendiriUdahOnTimeAja

5.Mengingat hal-hal berpengaruh pada hidup seseorang.

Bukannya mau kepo maupun sok kenal dan sok dekat, ternyata mengingat hal kecil pada hidup orang lain berdampak positif lho. Misalnya saja kamu ingat ulang tahun teman TANPA PENGINGAT DARI SOSIAL MEDIA. Ingat ya, ingetnya pure bukan karna sosmed. Toh sekarang banyak yang sok inget padahal udah ada di sosmed. #Uhuk....

6.Memberi kejutan kecil untuk oramg terkasih.

Kejutan kecil untuk orang terkasih ? pastinya nggak sulit kan? Kenapa? Nggak punya pacar buat ngasih kejutan? Tenang, ngasih kejutan nggak harus ke pacar kok. Kamu bisa ngasih kejutan untuk orang terkasih, misalnya saat hari Ibu. Percayalah, hal itu akan membuat Ibu merasa lebih diperhatikan.
Sekarang kamu pernah nggak ngasih kejutan kecil untuk orang terdekat? Jangan melulu ngasih kejutan buat pacar donk. Pacar kan bisa putus kapan saja, kalau orang terkasih mah selalu di sisi. #ApaanSiiiiLaaahhh

7.Menjadi pendengar yang baik.

Orang baik belum tentu adalah pendengar yang baik. Tapi pendengar yang baik sudah pasti orang baik. Pernah denger pernyataan berikut kan? Kalau menurutku memang benar sih. Yah, 85% bener. Tak banyak orang yang mau menjadi pendengar yang baik. Meski mudah, namun kebanyakan memotong pembicaraan sebelum menyelesaikannya.

Seseorang kadang hanya butuh didengarkan tanpa harus dihakimi. Apakah menjadi pendengar yang baik itu sulit? Sulit bagi orang yang egois dan akan lebih mudah bagi orang yang rendah hati. Jadi, kamu termasuk yang mana?

8.Mengakui kesalahan.

Zaman sekarang, apakah masih ada orang yang mau mengakui kesalahan? Kalaupun ada, sebaiknya kita kasih tepuk tangan yang meriah. *KemudianTepukTanganSendiri

Sebenarnya mengakui kesalahan tidak membuat seseorang jatuh harga dirinya. Malahan hal itu akan membuat seseorang lebih tinggi derajatnya. Keren kan? Kalau kamu emang salah, ya minta maaf saja, akui kesalahan. Clear kan? Jangan ada dendam di antara kita. #Eciyeeeee

Itulah beberapa hal kecil yang punya pengaruh besar. Kalau kamu punya pandangan lain tentang hal kecil yang berpengaruh besar, share di kolom komentar yak.


~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts