Sunday, 19 November 2017

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Meski Terlalu Lama Di Depan Leptop



Siapa yang betah online berjam-jam di depan komputer atau leptop? Kalau ada, berarti kita jodoh. #Loh. Saya juga heran, akhir-akhir ini jadi betah banget nongkrong didepan leptop. Suka nggak inget waktu. Apalagi kalau disambi ngopi sama internetan, wuaaaaaa...bisa-bisa lengket sama kursi tuh. Nah, buat kamu yang juga sering mantengin leptop berjam-jam, pastinya bakal ngrasain yang namanya mata lelah. Iya nggak? Pastinya iya donk. Saya juga sering mengalaminya.


Seiring banyaknya cara kerja yang mengharuskan didepan leptop, kita harus pandai-pandai dalam menjaga kesehatan mata. Tenang, menjaga kesehatan mata nggak harus mengandalkan obat kok. Beberapa orang memang lebih nyaman memilih cara alami selagi manjur. Nah...kira-kira apa saja yang harus dilakukan supaya mata tetap sehat meski terlalu sering di depan leptop? Ayok lakukan cara berikut ini,


1.Istirahatkan mata dengan memandang objek berwarna hijau.

Sesekali istirahatkan mata, jangan terlalu lama memandanginya. Mending mandangin saya aja. #Loh. Meski sepele, mengistirahatkan mata sangatlah penting untuk menghindari rasa perih pada mata. Kalau saya biasanya memakai wallpaper warna hijau, jadi pas istirahat ngetik, saya pandangi saja wallpaper hijau itu.


Kalau dulu seringnya pakai wallpaper Oppa-oppa korea, tapi kalau dipandangi semakin lama malah semakin baper dan tidak baik buat mata, jadi ya ganti wallpaper warna ijo deh. Dan ternyata lebih menyegarkan daripada oppa-oppa. Elah.....


2.Berkedip dengan waktu yang sudah diatur.

Berkedip disini bukan berarti harus kedip-kedip manjah lho ya. Kamu cukup berkedip dengan rentan waktu yang sudah kamu atur sendiri. Misalnya berkedip selama 5 menit. Hal ini untuk mengantisipasi supaya mata tidak terlalu kering karna terlalu lama menatap layar. Meski sedang asyik dengan pekerjaan yang dikerjakan, usahakan untuk meluangkan waktu sebentar saja untuk berkedip ya. Ini juga demi kesehatan mata lho, lebih baik menjaga daripada mengobati kan?


3.Perhatikan jarak pandang dengan leptop.

Jarak pandang mata dengan layar yang paling dianjurkan adalah antara 50-100 cm. Jangan terlalu dekat karena akan membuat mata cepat lelah. Memang agak susah sih kalau harus dengan jarak tersebut, tapi ya gimana lagi. Saya dulunya juga gitu, mantenginnya deket banget. Tapi lama-lama pegel juga. Demi kesehatan mata, maka saya coba menjauh. Nanti lama-lama juga terbiasa kok.


4.Pakailah kacamata anti radiasi.

Buat kamu yang “anak leptop banget”, sebaiknya pakailah kacamata antiradiasi. Saya dulunya males pakai kacamata karena menurut saya ribet, maklum belum terbiasa. Tapi efeknya ngaruh banget lho. Semenjak memakai kacamata antiradiasi, mata saya lebih enakan. #Hallah..


Saya pernah baca tentang dampak buruk tidak memakai kacamata saat berada didepan leptop. Dan ngeri juga sih, bahaya banget buat mata. Jadi, mulai sekarang nggak ada salahnya beli kacamata antiradiasi ya.


5.Rajin membersihkan layar.

Keseharian yang mengharuskanmu berada di depan leptop akan membuat layar mudah kotor karena debu. Hal ini ternyata juga menganggu penglihatan lho. Tanpa sadar, layar yang berdebu akan membuatmu kucek-kucek mata. Iya nggak? Iya bener banget. Pernah ngalamin juga. Membersihkannya tak perlu pakai cairan apapun, cukup menggunakan kapas dan usapkan perlahan hingga debunya menghilang. Dengan begitu kamu juga akan semakin nyaman memakainya.


6.Mengatur pencahayaan leptop.

Supaya lebih nyaman saat memakai leptop, sebaiknya pilih intensitas cahaya paling rendah. Dengan begitu kamu tidak merasa terganggu karna terlalu terang. Cara ini juga mempu menjaga kesehatan mata. Jika intensitas cahaya di leptopmu masih terang, alangkah lebih baik jika meredupkannya.


7.Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah.

Sayuran dan buah-buahan memang sangat penting untuk tubuh. Buat kamu yang lebih cepat lelah saat berada di depan leptop, itu tandanya kurang mengonsumsi sayur dan buah. Kandungan vitaminnya mampu menjaga kesehatan mata agar selalu segar dan terhindar dari rasa lelah.


Dan masih banyak cara alami yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menjaga kesehatan mata. Walaupun kamu sama sekali tidak bermasalah dengan gangguan mata, sebaiknya cara tersebut tetap dilakukan supaya mata lebih sehat saat berada berjam-jam didepan leptop.

#MissAnt


Popular Posts