Wednesday, 20 December 2017

5 Tips Diving untuk Pemula.




Tips diving untuk pemula memang menjadi pelajaran penting  bagi orang yang belum pernah melakukannya. Arahan yang akan kita dapatkan akan membuat kita tau lebih dalam tentang apa yang akan kita lakukan saat pertama kali diving. Melakukan diving memang tidak semudah apa yang kita bayangkan. Miss Ant awalnya juga gitu mikirnya. 

Yang kita tau, diving hanya sekedar “nyemplung” dan menikmati keindahan laut. But, NO. Nyatanya diving  tidaklah mudah, apalagi bagi pemula. Bagi sebagian orang, pasti ada rasa takut dan deg-degan saat pertama kali melakukan diving. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa tips diving untuk pemula agar tidak terlalu takut yang wajib kalian tau.

1.Dengarkan arahan Instruktur.

Yang paling penting diperhatikan saat pertama kali mengikuti diving adalah arahan dari instruktur. Pengarahan ini akan memberikan penjelasan seputar diving, mulai dari cara memakai masker sampai mengecek oksigen yang ada dalam tabung, Perhatikan arahan ini sebaik-baiknya, jika ada yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya karena ini merupakan arahan penting.

2.Pilihlah Kacamata Yang Nyaman saat dipakai di wajah.

Memakai perlengkapan yang nyaman merupakan salah satu tips diving untuk pemula yang harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai perlengkapan yang kita pakai saat melakukan diving tidak nyaman dipakai. Misalnya kacamata diving, usahakan agar kalian nyaman saat memakaianya. Jangan sampai kacamata kegedean dan masuk ke mata. Tentu ini akan menganggu saat menikmati keindahan laut.

3.Jangan Menahan Nafas.

Salah satu tips diving untuk pemula yang paling penting adalah jangan sekali-sekali menahan nafas saat berada didalam air. Ini berbahaya karena dapat merusak paru-paru. Usahakan agar mengatur pernafasan dengan baik dan jangan menahannya, karena kita membawa oksigen untuk bantuan pernafasan. Yang harus kalian lakukan hanya mengatur pernafasan dengan baik dan menyeimbangkannya. Kapasitas udara yang masuk harus sama dengan kapasitas udara yang keluar.

4.Hafalkan Isyarat Tangan.

Saat melakukan diving kita akan malakukan komunikasi didalam air tanpa harus bicara. Untuk itu, hafalkan isyarat tangan yang sudah diberi tau oleh pemandu. Beberapa isyarat tangan yang akan diajarkan antara lain, jempol keatas yang artinya mempersilahkan untuk naik ke permukaan, jempol mengarah kebawah yang berarti menyelam lebih dalam, telapak tangan bergoyang yang membentuk seperti gelombang sebagai tanda bahaya dan masih banyak isyarat tangan yang harus kamu tau nantinya.

5. Jangan terlalu jauh dengan pemandu.

Jangan karena terlalu keasyikan diving, lantas kalian menyelam jauh dan terpisah dari pemandu. Terlebih ini pertama kalinya diving. Harus hati-hati banget pokoknya. Menaati aturan merupakan salah satu tips diving untuk pemula yang harus kita pelajari agar lebih mudah saat melakukannya.



0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts