Monday, 2 October 2017

10 Tata Cara Naik Pesawat Untuk Pemula


Bagi orang-orang (super) sibuk, mereka lebih suka memilih memakai transportasi yang nggak banyak buang-buang waktu. Perjalanan lebih dari 5 jam tentu sangat membosankan bukan? Namun, bagi beberapa orang justru lebih suka naik pesawat karena lebih cepat dan hanya memerlukan waktu yang singkat. 


Pengalaman Pertama Kali Naik Pesawat

Tidak semua orang terbiasa naik pesawat. Ada juga yang baru pertama kali naik pesawat sehingga muncul perasaan was-was, khawatir, takut (jatuh) dan nggak tau harus gimana setelah sampai di Bandara.
Well...bagi pemula yang ingin mencoba bepergian naik pesawat, sebaiknya perlu memperhatikan hal-hal berikut. Naik pesawat nggak seperti naik kereta yang bisa dateng 10-15 menit sebelumnya lho. 

Kamu musti dateng lebih awal, kalau bisa sih 2 - 3jam sebelumnya buat jaga-jaga. Lah kok sampai 2 - 3 jam emangnya kenapa sih? Emang mau nebeng bobo dulu ya? Enggak? Penasaran kan? Yuk simak biar kamu nggak “plonga-plongo” pas pertama naik pesawat.
1.Beli tiket pesawat.
Ini yang paling penting. Kalau nggak ada tiket pesawat, mana mungkin bisa naik. Kecuali emang nekat nebeng di sayap dan jatuh di tengah laut. Belinya bisa lewat online, misalnya traveloka, tiket.com dan masih banyak lagi.
2.Pilih yang banyak promonya.
Nyari tiket pesawat itu musti pinter-pinter nyari promo. Lumayan lho, potongannya bisa sampai 100-150 ribu. Kalau perjalanan dalam negeri tiketnya udah free bagasi hingga 15-20 kg. Beda kalau perjalanan ke luar negeri, harga tiket belum termasuk bagasi tuh. Makanya nggak usah bawa barang banyak, cukup bawa duit banyak aja.
3.Simpan kode booking.
Kalau udah dapet tiket sesuai dompet, nanti bakalan dapet kode booking. Nah...kode booking inilah yang nantinya ditunjukin pas check in. Check in bisa dilakukan 24 jam sebelum penerbangan. Kalau mau nggak ribet, sebaiknya check ini online. Keuntungan check in online agar nggak dikejar-kejar dan nggak “kemrungsung” atau terburu-buru.
4.Menuju ke waiting room.
Kalau udah check in dan diprint, kemudian langsung aja ke ruang tunggu atau waiting room. Tapi kalau bawa ada barang bawaan di bagasi, tetep aja harus antri dulu ke line check in cuma buat masukin ke bagasi aja kok. Sebelum masuk ke waiting room, nanti bakalan di periksa sama security. Jam tangan, ikat pinggang dan bahan besi yang kamu pakai harus dimasukin ke keranjang buat di cek. Jadi kamu masuk cuma telanjang, eh maksudnya cuma badan sama baju yang dipakai doang ding.

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat
5.Menunggu masuk ke pesawat.
Duduk manis di ruang tunggu bukan berarti kamu boleh bengong dan mainan henpon lho? Kamu musti pasang mata dan telinga. Pastikan buat mantengin monitor buat nyocokin kode pesawat dan jam terbang. Dengerin juga nantinya kita bakal masuk ke gate berapa. Jangan sampai nggak denger lho, bisa-bisa ketinggalan pesawat dan nggak jadi piknik deh.
6.Menuju pesawat buat “mabur”
Kalau udah disebutin kode pesawat yang ada di tiket, kemudian tinggalkan kenangan waiting room dan antri menuju gate yang telah disebutkan tadi. Cari pesawat yang akan dinaiki atau sesuai tiket. Jangan sampai kalau tiketmu ekonomi trus kamu masuk ke kelas bisnis. Bisa bonyok digebukin deh.
7.Duduk manis didalem pesawat
Cari tempat duduk yang sesuai sama tiket kamu. Ingat duduknya di kursi ya, jangan dilesehan. Bukan warung penyet soalnya. Terus pasang sabuk pengaman pas pesawat mau naik. Dengerin intruksi dari pramugari. Selama didalem pesawat pas terbang, nantinya akan ada sedikit goncangan, tapi itu nggak papa. 

Berdoa aja semoga cuacanya cerah dan bisa liat bawah. Oiya, jangan lupa set henpon dalam  keadaan “airplane mode”. Kalau nggak bisa nyari “airplane mode”, sebaiknya matiin henpon agar penerbangan lebih aman dan selamat.
8.Turun dari pesawat.
Setelah menikmati perjalanan yang singkat indah, sampailah ke tujuan. Turun dari pesawat, buka seat belt. Periksa barang bawaan. Jangan ada yang tertinggal. Kalau kamu ada barang yang diletakkan di bagasi, setelah turun kamu bisa cek di monitor.

Pesawat dari mana dan tujuan kemana serta berapa nomer barang yang diletakkan di bagasi. Kalau udah ketemu, cari pintu keluar. Kalau nggak ada barang yang ditaruh dibagasi, dari pesawat langsung aja keluar.


Barang Yang Wajib Dibawa Saat Penerbangan Jauh
9.Nunggu jemputan.
Setelah keluar bandara, kamu bakalan ditawarin taksi dan lain-lain. Kalau ada yang jemput ya carilah orang menjemputmu. Jangan ngrecokin pasangan kekasih yang sedang beduaan lho ya. Kalau nggak ada yang jemput, jangan nangis cari taksi atau naik damri menuju tempat tujuanmu.
10.Udah, perjalanan menggunakan pesawat telah usai.
Nah...gimana? ribet atau mudah? Emang agak ribet sih, tapi lebih cepat sampai tujuan kan? Jadi nggak perlu menghabiskan banyak waktu diperjalanan. Eh tapi mau pilih jalur mana aja boleh kok, yang penting nyaman dan selamat sampai tujuan.
Semoga bermanfaat. See you......
~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts