Saturday, 23 May 2020

Kost Sejutaan Rasa Apartemen di Jogja


Kayak udah pernah tinggal di apartemen aja ngomongin kost rasa apartemen. Haha…nggak apa deh. Kali aja abis ini beneran bisa nginep di apartemen. Who knows?
Ngomongin tentang kost di Jogja, ternyata harganya udah beda banget. Pas zaman aku kuliah di Jogja dan pertama kalinya jadi anak kost, waktu itu tahun 2007 dan biaya kost per bulan rata-rata Cuma  Rp150.000 per bulan. Dan harga Rp450.000 waktu itu udah mahal banget.

Daaaaaan sekarang tahu nggak berapa harga kosan di Jogja? Khususnya yang mulai kost lagi di tahun 2019 hingga saat ini? Tahu nggak berapa? Rata-rata 500-an itu udah paling murah. Gilaaa yak? Tahun 2007 aja ngekost masih 150-an loooh. Yaiyalah…..udah berapa taon woeee!!!

Jadiiii akutu terakhir ngekost di Jogja tuh emang sekitar tahun 2012 an deh. Waktu itu masih ada kost yang harganya wajar yaitu Rp250.000 per bulan. Hingga pada akhirnya tahun 2019 mencoba untuk kost lagi di Jogja dan harganya udah bikin geleng-geleng. Aku mulai ngekost di Jogja lagi tahun 2019 mulai bulan Agustus 2019. Kalau kalian ngikutin buat baca blogku pasti tahu alasannya kenapa.

Pas aku ngekost di daerah Maguwoharjo, tepatnya di daerah stadion maguwo, itu per bulannya sekitar Rp550.000. Itu udah kamar mandi dalam dan kosongan. Tapi belum ada wifi. Sebenarnya cukup murah sih, hanya saja jauh banget dari keramaian. Nyari makan juga susah. Kalau ngandelin go-food tiap hari ya bakal tekor. Tapi enaknya di sini, kita bakal dikasih kunci sendiri-sendiri. Jadi mau pulang jam brapa aja terserah. Tapi y aitu tadi, tempatnya sepi. Agak rawan sih. Jadi aku memutuskan buat pindah.

Akhirrnya aku pindah ke daerah yang agak kota yaitu sekitar Kledokan. Tepatnya di dekat hotel eastparc. Itu perbulannya Rp750.000 dan kosongan. Sebenarnya sih Cuma Rp650.000, tapi menjadi Rp.750.000 karena ada tambahan uang sampah, air, listrik per item jadinya ya segitu. Kalau di sini ada jam malamnya sampai jam 10 dan yang pasti banyak kelabang, cacing dan hewan-hewan yang sering nongol di daerah yang lembab lainnya. Soanya tempatnya lembab. Akhirnya aku hanya bertahan 4 bulan di situ dan pindah lagi.

Pada akhirnya, sekarang ini aku nempatin kost rasa apartemen. Kenapa gitu? Kalau dibilang mahal ya mahal. Tapi kalau dibilang harga wajar ya kok nggak wajar banget. Kalau menurut kalian gimana? Harga kostan di Jogja Rp1.000.000 per bulan itu wajar nggak sih? Kemahalan atau masih murah?

Setelah aku survey harga kost, akhirrnya aku dapet di daerah Janti. Tepatnya di daerah kampus AKAKOM. Kalau dibilang mahal mungkin karna dekat dengan area kampus kali ya? Awalnya sih, pas aku tanya-tanya dengan nomer yang sudah tertera, penjaganya bilang, ada 3 tipe hargnya;

  • Yang pertama, per bulan harga Rp750.000 dan kamarnya kosongan. Kalau untuk harga mungkin bisa berubah ya. Pas aku tanya dulu segitu.

  • Yang kedua, per bulan harga Rp1.000.000 tapi udah isi. Dan isinya adalah meja kursi, lemari pakaian dan Kasur. Untuk kamar mandinya kamar mandi dalam.

  • Yang ketiga tipe VIP. Kalau yang ini per bulannya Rp1.200.000. Eh kemarin 1,2 atau 1.5 yak, lupa deh. Pokoknya kisaran gitu. Fasilitas yang didapat di sini adalah, Kasur, lemari, meja kursi, AC dan kamar mandi dalem juga. Bedanya kalau kamar mandinya sudah toilet duduk. Sedangkan yang harga sejuta tadi masih toilet jongkok.


Di sini aku ngambil yang tipe kedua. Harganya sejuta per bulan. Mau tau kayak gimana bentuk kostnya? Berikut gambar-gambarnya.



Ini kamar aku

Pintu kamar mandi



Waktu belom ada spreinya




Aku di sini udah dua kali bayar. Jadi berapa bulan? Itung sendiri yak….haha….
So far sih oke. Aku suka tempatnya. Nyaman banget dan bersih. Free wifi juga. Dan wifinya juga kenceng sih. Ada dapur umumnya juga. Setiap selesai masak Cuma ngasih uang seikhlasnya buat isi ulang gas. Selama di sini aku udah masak tempe goreng sama bikin nutrijel.

Oiya, di sini ada jam malemnya. Jam 10 malem udah tutup. Ada penjaganya yang bersih-bersih tiap pagi. Terus ada CCTVnya juga. Lokasinya juga strategis. Lumayan lah. Hanya saja mahal juga sih. Nggaks sebanding dengan gaji yang aku dapatkan. Gajian abis buat bayar kostan. (Hehe……malah curhat).

Tapi yaaaa…..bukan masalah kostnya yang mahal sih. Mungkin gajinya aja yang mepet. Dan kalau dipikir-pikir, harga kosan di sini juga lebih mahal jika dibandingkan di Jakarta. Ya….gimana lagi. Berhubung ini aku nempatin kost termahal sepanjang aku ngekost di Jogja, jadi ya aku review sekalian yak.

Pinginnya sih masih ngekost di sini, Cuma nggak tahu deh. Ke depannya bakal dapet kerja di mana.
Jadiiiiii….menurut kalian gimana? Harga segitu worth it nggak?






~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts