Wednesday, 8 January 2020

6 Tanda Pertemanan Dewasa

Sumber Gambar : Google

Semakin ke sini orang akan semakin malas dengan pertemanan yang udah nggak waras. Nah loh...gimana tuh pertemanan yang nggak waras. Yang jelas yang bakal bikin kamu gila. Setiap orang pasti akan mencapai pada titik, “Kayaknya gue sama dia cocok nih...setiap ngobrol nggak banyak drama, intinya nyaman aja sih”. Iya, kalau kamu belum mengalaminya, tunggu aja. Pasti mengalami kok. 

Pernah nggak, dulu punya temen deket banget, enak banget diajak ngobrol, asyik banget pokoknya. Tapi lama-lama dia berubah. Kamu udah nggak bisa mengenalnya lagi. But....it’s okay lah. Setiap orang berhak berubah kok. Senyamannya dia aja, kalau dengan tidak berteman denganmu membuatnya hepi, yaudah ikhlaskan saja. 

Seiring bertambahnya umur, yang kita cari bukanlah banyak teman meiainkan teman yang bikin nyaman. Mungkin dulunya kamu pernah beranggapan kalau punya banyak teman itu keren. Nantinya biar banyak yang memuji, “Eh si Prapti keren ya, temannya banyak di mana-mana ada. Gahooool banget ya”.

*KerenSIlitmu

Orang keren itu justru orang yang hanya punya teman beberapa tapi selalu ada saat sedang jatuh. Buat apa punya banyak teman kalau hanya ada pas kita hepi aja. Nanti kamu bakalan sadar sendiri. Kalau sebenarnya kamu benar-benar temannya atau hanya sekedar “teman” saat dia nggak ada teman lainnya. 

Karena udah muak dengan pertemanan yang kayak silit, maka kamu berhak memilih lingkar pertemanan yang lebih dewasa. Kadang yang membuat seorang teman berubah adalah karena perlakukan mereka terhadap kita yang seolah UNDERESTIMATE.

Lantas bagaimana lingkar pertemanan yang dewasa?

1.Yang menghargai kesibukan masing-masing

Makin berumur dan makin tuwirnya seseorang akan disibukkan dengan berbagai hal yang entah apa itu. Pokoknya akan ada aja kesibukan buat kamu yang nggak bisa “diem”. Aku juga salah satu orang yang paling bete kalau Cuma diem-diem bae. Meski aku ini orangnya pendiem (Ciye.....pendiem), tapi sangat tidak suka kalau gabut.

Sibuk sama produktif itu beda lho. Sibuk belum tentu produktif, tapi kalau produktivbe sudah pasti kesibukan. Pertemanan yang dewasa akan memahami hal ini. Tapi bukan berarti tidak mau diganggu. Aku paling benci kalau ada orang wasap begini,
“Eh kamu lagi ngapain e? Yaudah maap ya kalau aku ganggu. Maap banget udah ganggu kamu yang sibuk banget”.

EH SILIT

Jujur ya, paling nggak suka kalau ada teman bilang begitu. Sesibuk-sibuknya orang pasti nanti juga bakalan dibales kok. Kalau emang penting banget kan bisa langsung telpon aja gitu. Percayalah, kamu-kamu yang udah menemukan lingkar pertemanan yang sudah dewasa tidak akan  mempermasalahkan hal itu. Sibuk ya sibuk, tapi tetep inget temen kok. Dan yang pasti, paham akan kesibukan masing-masing. Intinya, kita sedang sama-sama cari duit kan? Nggak mungkin juga cari pokemon.

2.Topik obrolan yang berbobot

Semakin lama kita bakalan males kalau topik bahasannya gitu-gitu mulu. Kadang memang yang kita butuhkan sekarang hanyalah topik-topik yang pembahasannya udah berbobot dan enak buat dibahas. Kalau sudah begini pasti waktu bakalan cepet banget karna yang kita obrolkan terlalu asyik.

3.Menghargai perbedaan pandangan sudut pandang

Apa yang bikin kita betah ngobrol sama seseorang? Perbedaan cara pandang. Okelah kamu punya pandangan begini tentang itu, sedangkan aku punya pandangan kayak gini tentang ini. Nggak harus begini, “Nggak bisalah pandangan gue lebih bagus karna bla...bla...bla...”. 
Yang namanya pertemanan dewasa pasti akan saling memahami. Intinya kita bisa ngobrol enak dan saling mendengarkan. Buat kalian yang udah masuk ke tahap ini, selamat ya? Pertahankan pertemanan kalian. 

4.Membantu tanpa ikut campur

Biasanya kalau orang tulus membantu itu hanya cukup membantu tanpa harus mendesak, 

“kok bisa begini, kok bisa begitu dan bla...bla...bla....”. 

Misalnya kamu mau pinjam uang, saat mereka bilang, 

Eh gue pinjem duit segini ada nggal? Tar tanggal 25 gue balikin deh, tolong ya, penting banget ini”.

Lantas kamu tidak perlu menanyakan, 

Eh buat apa duit segitu banyak”.

Sama halnya ketika ada teman yang bilang, 

“Aku mau cerita gini...gini....”.

Kamu juga jangan menyela, 

“Astaga kok bisa gitu...bisa gini...bla....bla...bla...”

Sebaiknya tunggu sampai dia selesai bercerita dulu. Kadang seseorang hanya butuh didengarkan. Pertemanan yang dewasa sudah paham akan hal ini.

5.Saling dukung, bukan saling PAMER

PAMERnya harus banget dicapslock ya? Kalau mau pamer ya di sosmed aja. Kalau kamu ngobrol sama teman dan banyak memamerkan barang-barang yang udah dibeli, maka pertemananmu selama ini toxic.

Asal tahu aja ya, orang sekarang nggak bego-bego banget dan tahu brand. Jadi nggak usah dijelasin ini itu. Yang kasian itu kalau orang udah pamer pakai brand mahal tapi tetepa aja nggak keliatan sama dia. Aduuh....aku jadi kasihan. Udah beli mahal tapi tetep nggak keliatan. 

Kalau kamu sudah sampai ke tahap pertemanan yang dewasa, tentunya pembahasan bab pamer kayak gitu nggak ada. Yang ada hanya saling dukung aja. Enak banget kalau kamu udah nemuin lingkar pertemanan yang dewasa. Setiap abis ngobrol bawaannya merasa dapet support. 

Alhamdulillah temen-temenku saling dukung meski jarang ketemu. Salah satu bahkan bilang begini, “Meski kita tidak saling bertemu dan lama tidak komunikasi, tapi aku tetap mendoakan yang terbaik untukmu. Karna aku semakin paham kalau doa yang baik juga akan berbalik pada kita”. 

GOOD WORD FROM MY FRIEND

6.Lebih Banyak Ngobrol Dibanding Cek Smartphone

Coba bedakan antara teman yang quality time sama kamu atau yang sekedar ingin ketmu aja. Kalau ingin ketemu aja sih kamu bakakan banyak ditinggal mainan henpon. Tapi beda sama yang bener-bener ingin quality time sama kamu. Mereka tidak banyak bermain dengan smartphonenya.
Ya memang sih, tak bisa dipungkiri kalau sekarang ini manusia dan smartphone memang 2 hal yang tak bisa dipisahkan. Begitu juga dengan aku. Tapi aku setidaknya menghargai orang yang ngobrol sama aku dan nggak mainan handphone. Kalau mereka nggak mainan handphone, aku bakal nggak mainan handphone. Tapi kalau mereka lebih mantengin handphone, yaudah aku bisa melakukan lebih dengan lebih fokus ke handphone.

Kadang memang sesimple itu. Aku memang orang yang suka autis banget kalau sudah mainan handphone. Tapi ya kira-kira juga sih, kalau yang ngajak ngobrol nggak mainan handphone ya aku bakal menghargainya. Kalau lagi ngobrol dan tetiba aku bete banget lalu mainan handphone, berarti orang yang ngobrol itu yang mulai duluan. Hahaha......Introspeksi ya kamu-kamu yang pernah begini.

Yang namanya pertemanan dewasa itu bukan yang dikit-dikit cek-cek smartphone, apalagi sampai ditinggal nelpon lama. Kalau aku udah digituin, ya bakalan bete dadakan. Ogah lagi kecuali kepepet. Itulah mengapa aku suka berbelit-belit kalau diajak nongki-nongki. Ngajaknya mau beneran nongki atau mainan smartphone dulu nih.....
Hargai temanmu yang udah meluangkan waktu buat kamu. Jangan ditinggal mainan handphone. Kecuali kalau emang penting banget. 

Duh...maapkan kalau di tulisan ini banyak kata silit ya. Mohon maaf banget. Nggak sengaja terlontarkan. 

Itulah 5 tanda kalau pertemananmu sudah dewasa. Adakah yang mau nambahin? 


~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts