Sunday, 17 March 2019

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Keluar Dari Zona Nyaman




Ahh....kenapa aku harus nyari tempat lain kalau di sini saja sudah menyenangkan.

Kenapa harus pergi sih, di luar sana belum tentu ada yang seenak di sini lho


See ? Betapa bahayanya zona nyaman. Iya bahaya banget. Kalau kamu berlama-lama stay di zona nyaman, kreatifitasmu bisa terbunuh. Nah kan? Ngeri banget. Makanya kamu jangan terlalu nyaman dengan zona nyaman, bisa-bisa kamu “terbunuh”. *Loh

Tidak banyak orang yang sadar kalau mereka sedang berada di zona nyaman. Kenapa begitu? Karena mereka baru mulai mikir kalau ada orang lain yang bilang, “Makanya kamu tuh keluar dari zona nyaman donk?”. Nah....begitulah kira-kira. Ada yang pernah merasa begitu nggak?

Zona nyaman merupakan kondisi yang selalu membuatmu enggan untuk melakukan hal lain selain apa yang sedang kamu sukai (CMIIW). Tentu semua orang pernah mengalaminya, jika dibiarkan terlalu lama, yang kasihan bukan orang lain, tapi diri kamu sendiri.

Meski semua pernah mengalami keenakan di zona nyaman, tapi tidak semua orang cepat sadar, yang ada malah makin menjadi-jadi. “Ah...ntar dulu deh aku udah nyaman. Nanti aja deh kalau udah bosan baru keluar dari zona nyaman”. Nah loh siapa yang pernah bergumam seperti itu.

Oke baiklah, buat kamu yang baru saja lulus kuliah ataupun sedang dalam masa-masa dilema dan bingung mau kemana, jangan sampai kamu kejebak sama zona nyaman. Orang-orang yang paling mudah menjadi incaran di zona nyaman adalah mereka yang sedang memasuki usia labil, yaitu antara 17-25 tahun (Ini Cuma menurut pengamatan aku pribai sih...hahaaa).

Lalu, apakah Zona nyaman itu berbahaya? Yess....bahaya banget. Dan berikut mengapa kamu harus cepat-cepat meninggalkan dirinya yang tak pantas untukmu eh meninggalkan zona nyaman;

1.Kamu bisa lebih berkembang.

Kalau kamu hanya nyaman  dengan apa yang kamu kerjakan, itu artinya kamu melewatkan banyak peluang. Bisa saja kamu bisa lebih melakukan hal yang kamu pikir tidak bisa. Bisa saja kamu akan menemukan sesuatu yang baru dan membuatmu akan semakin berkembang. Kalau kamu terus-terusan merasa nyaman dengan yang kamu lakukan, apa tidak sayang dengan peluang yang menghampirimu. Ingat ya, kesempatan EMAS tidak datag dua kali, kalaupun ada pastinya tidak SEMENARIK kesempatan pertama.

2.Lebih bisa mengenal diri sendiri.

Memutuskan keluar dari zona nyaman memang tidak mudah karena yang pertama kali kamu lakukan adalah berkompromi dengan diri sendiri. Jangan dipikir mudah saat berkompromi dengan diri sendiri. Setelah mengalaminya, kamu baru tau kalau ternyata pemenang bukanlah orang yang menang adu mulut dengan orang  lain melainkan orang yang dapat mengendalikan diri sendiri.

Ketika kamu berani keluar dari zona nyaman, kamu akan lebih bisa mengenal diri sendiri. Kamu tidak lagi berpacu dengan satu keinginan saja. Dengan begitu kamu akan tahu apa yang ingin kamu lakukan ke depan.

3.Memiliki pandangan baru terhadap sesuatu.

Tidak ada orang yang hanya ingin mengerjakan apa yang mereka sukai karna akan bosan dengan sendirinya. Mungkin sekarang kamu belum merasa bosan karena kamu masih nyaman. Coba liat beberapa tahun ketika kamu merasa bosan dan nggak tau harus ngapain, dari situlah kamu menyesal karena terbuai dengan zona nyaman.

Jika kamu berani keluar dari zona nyaman lebih cepat, maka kamu akan punya banyak pandangan baru terhadap sesuatu. Percayalah, setiap orang dikaruniai imajinasi yang mampu mengantarkan terhadap apa yang mereka sukai. Namun semua itu butuh waktu dan tidak ditemui di zona nyaman. Paham kan sekarang kamu kudu ngapain?

4.Lebih bisa menghargai orang lain.

Saat seseorang sudah nyaman untuk melakukan apa yang mereka sukai, maka kecil kemungkinan untuk bisa menghargai orang lain. Mengapa begitu? Karena terlalu percaya diri dengan apa yang dia kerjakan dan tidak mau menerima masukan dari orang lain.

Cobalah untuk melihat potensi lain yang kamu miliki, kalau kamu terus-terusan mengandalkan “sesuatu” dari zona nyaman, itu hanya akan membunuhmu. Dengan meninggalkan zona nyaman kamu akan lebih bisa menghargai orang lain karena banyak hal yang kamu pelajari sehingga kamu tidak sok paling oke terhadap apa yang kamu kerjakan.

5.Hidup akan semakin bermakna.

Buat kamu yang sampai sekarang masih menetap di zona nyaman, bukan berarti hidupmu tidak bermakna. Kamu hanya akan menjalani kehidupan yang biasa saja sampai kamu berani memutuskan untuk keluar dari zona nyaman. Meski terasa nyaman, tapi lama kelamaan kamu menjadi enggan bergerak dan hidupmu jadi membosankan karna Cuma begitu-begitu saja. Udah merasa kayak gitu belum?

Jadi, kamu mau pillh yang kayak gimana? Hidup dengan zona nyaman yang akan membuatnu semakin nyaman atau keluar dari zona nyaman karena lebih menantang? Ingat ya, hidup Cuma sekali. Jangan hanya berdiam lantaran kamu sudah merasa nyaman terhadap sesuatu. NOTE THAT!!!

~MissAnt~

0 komentar:

Post a comment

Popular Posts