Monday, 22 October 2018

7 Cara Menulis Review Buku Paling Mudah



Menulis review buku tidaklah sulit kalau kita menyiapkan apa yang akan kita tulis. Saking sukanya dengan buku tersebut, kadang orang terlalu antusias pingin dibahas semuanya. Nggak papa sih. sebenarnya banyak ada dua cara dalam mengulas buku yang kita baca, yang pertama mengulas karena kita terlalu menggebu-nggebu dengan buku tersebut, yang kedua mengulas dengan alasan agar orang lain juga mau membaca buku tersebut.

Kamu yang mana?

Keduanya bagus kok. Hanya saja cara penyampaiannya berbeda-beda. Nggak papa, toh pemikiran tak harus sama. Kita bebas berkreasi. Ya nggak? Iyain ajalah biar cepet.

Untuk memudahkan  dalam menulis review buku, berikut ada poin penting yang bisa kamu coba. Jadi apa saja poin penting tersebut, yuk langsung simak aja.

1.Memperkenalkan buku.

Pada poin ini biasanya terdiri dari 1-2 kalimat. Nggak perlu panjang dan jangan terlalu pendek. Yang penting para pembaca tau tentang buku ini lewat apa yang kamu tulis.

2.Memperkenalkan pengarangnya.

Mengulas buku ternyata tak sekedar menulis apa yang ada dalam buku tersebut. Kamu juga harus melibatkan pengarangnya. Tulislah 1-2 kalimat tentang penulis buku yang kamu ulas. Hal ini penting agar pembaca tau apa saja yang buku yang ditulis oleh pengarang tersebut.

3.Meringkas apa yang menarik pada buku tersebut.

Ketika membaca buku, kamu pasti menemukan hal menarik kan? Nggak mungkin enggak donk. Secara kamu sudah memilih untuk membaca, artinya ada poin penting yang kamu sukai. Ya kan...ya kan?

Tulis apa yang menarik antara 1 – 3 kalimat. Kalau menurut kamu yang menarik lebih dari satu, ya tulis aja masing-masing 1-3 kalimat. Pokoknya jelaskan secara singkat padat dan mendalam.

4.Ceritakan tentang apa yang paling kamu sukai pada buku tersebut.

Yang menarik dengan yang kamu sukai itu beda lho. Tulis apa yang akan kamu sukai pada buku tersebut. Setelah membaca, pasti akan ada hal yang paling ngena dan ingin kamu tulis. Tulis saja semuanya.

5.Ceritakan apa kekurangan buku tersebut.

Kalau aku biasanya nggak pernah menulis poin ini. Mengapa? Karena aku hanya menulis apa yang aku sukai. Kenapa hanya yang disukai? Karena aku kalau beli buku sudah pasti milih yang aku suka. Jadi ya yang aku ulas hanya yang terbaik. Kalau beli buku dan kamu ngulas hal yang nggak kamu suka, berarti kamu nggak bisa milih buku yang bagus.

6.Katakan apakah buku ini recomended atau tidak.

Memang sih, selera orang dalam membaca buku itu berbeda-beda. Tapi tenang saja, pasti ada orang yang sama-sama punya kesukaan seperti kita. Dalam mengulas buku, usahakan kamu ngasih rekomendasi yang jujur. Dengan begitu orang tidak akan ketipu. Jangan sampai orang merasa kecewa baca buku karna kamu memberikan informasi yang mengada-ngada.

7.Berikan CTA

Setelah orang tertarik dengan ulasan buku yang kamu buat. Kini saatnya ajak mereka CTA (Call To Action). Ini merupakan sebuah ajakan untuk membeli. Tapi kalau aku melakukan ini bukan karna diendorse lho (Yakali diendorse, emang aku sepopuler apa sih), tapi karena ingin membuat pembaca punya pemikiran LEBIH terbuka akan suatu hal.

Begitulah cara paling mudah dalam mengulas sebuah buku. Kalau kamu pingin lebih mudah menulis review buku sebaiknya gunakan cara di atas.

~MissAnt~


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts