Thursday, 22 March 2018

5 Table Manner di Korea





Sebagai anak Kpop (eh tapi sekarang udah enggak deng, eh tapi Kadang masih suka kumat kalau ada sesuatu yang berhubungan sama korea-korea-an), aku pingin tau apa-aja yang ada hubungannya sama korea, salah satunya table manner. Dan setelah aku baca-baca ternyata emang beda. Dan aku hanya nemuin beberapa yang aku baca dan pingin aku share.

Siapa sih yang nggak kepingin main-main ke korea, secara di sana banyak oppa-oppa idolaku. Eh tapi oppa-oppaku (Lee min ho, Ji chang wook) lagi pada wamil nih, jadi kalo misal mau ke korea, mau nemuin dedek-dedek BTS aja lah ya. Oke baiklah, kembali ke topik, jadi ada beberapa hal yang harus dipehatikan soal sopan santun makan saat di Korea. Mau tau nggak? Kalau mau, ikuti saja dirikuh~

5 Table manner di Korea yang harus kamu tau

1.Yang tua dipersilahkan mengambil makanan lebih dulu.

Kalau kamu kebetulah lagi main ke korea dan kenalan dengan orang lokal, maka kamu harus ati-ati pas makan bareng. Kenapa? Karna table manner di korea akan mempersilahkan orang yang lebih tua untuk mengambil makanan lebih dulu. Pokoknya kamu harus melayani orang yang lebih tua dengan mengambilkan nasi dan lauk-pauknya.

Orang tua yang di maksud di sini tak melulu Ibuk-ibuk bapak-bapak maupun kakek nenek lho ya. Ini berlaku pada segerombolan alay yang paling tua juga kok. Jadi kalau kamu termasuk genk alay dan paling tua, nanti kalau pas main ke korea dan makan di sana bakalan dilayani sama temen-temenmu yang lebih muda. Inget ya ini Cuma pas di korea aja lho. Jangan sampai kamu di Indonesia juga gitu, bisa ditabokin rame-rame tar jadinya.

2.Dilarang bersuara saat makan.

Jangan kaget kalau pas makan di Korea, karna kamu nggak boleh sambil ngerempong. Makan ya makan. Ngerempong ya ngerempong. Beda kalau di Indonesia, kita makan sambil ngerempong sana-sini dan makanannya nggak abis-abis. Jadi, inget ya, kalau nanti ke korea, pas makan jangan beisik. Udah makan aja. Nikmati makanannya.

3.Piring harus diletakkan di meja.

Table manner di korea berikutnya adalah piring atau mangkuk harus diletakkan di meja. Kalau suka nonton drama korea, kamu pasti pernah melihat adegan makan yang piringnya selalu diletakkan di meja. Jarang banget kan orang makan tapi piringnya dipegang di telapak tangan kayak makan di warteg.

4.Hindari Sentrap-sentrup saat makan.

Aduh bahasanya apa ya. Jadi, kalau kamu sedang makan, hindari menghirup berlebihan. Dalam artian, menghirup hingga terdengar suara ingus. Selain bikin ilang nafsu makan, hal ini juga dianggap nggak sopan, bahkan tak hanya di Korea, di Indonesia juga nggak sopan deh.

5.Ucapkan terima kasih setelah makan.

Table manner di korea yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih setelah selesai makan. Kalau kamu pas liburan ke korea, jangan lupakan hal ini ya. Jangan sampai setelah selesai makan langsung nyelonong aja. Ucapkan terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk makan bersama.

Beda negara tentu saja beda pula budayanya, seperti halnya di Korea. Meski belum pernah ke sana, nggak ada salahnya tau lebih dulu tentang salah satu budayanya. Jadi nggak kaget pas liat table manner di Korea.

~MissAnt~



0 komentar:

Post a comment

Popular Posts