Wednesday, 20 December 2017

5 Penyebab Depresi dan Cara Mengatasinya



Im holding on....

Why is everything so heavy

Holding on...

So much more than

I can carry

Lirik diatas pasti udah nggak asing lagi kan? Yap. Beberapa waktu lalu, tepatnya July 20 July 2017, kabar duka datang dari blantika musik seluruh dunia. Vocalis Linkin Park (LP), Chester Bennington ditemukan meninggal bunuh diri. Tentu ini sangat mengagetkan para penggemarnya. Sebagai pecinta lagu-lagunya LP, rasanya nggak nyangka aja. Chester mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. 
Kabar menyebutkan kalau dia mengalami depresi. Dari situ aku bisa menyimpulkan kalau dampak depresi sangatlah parah karna seseorang bisa nekat dan kehilangan nyawanya.


Tak sampai disitu, kasus bunuh diri akibat depresi juga datang dari dunia K-Pop. Yap, tepatnya tanggal 18 Desember 2017 lalu, Junghyun yang merupakan personel Boy group Shinee asal negeri ginseng tersebut ditemukan meninggal karna bunuh diri di apartemennya. Awalnya tau berita ini dari Twitter. Meski aku liat komen media yang share berita tersebut masih belum pasti, akhirnya Cuma kepo doang. Mau ngetweet tentang itu takut salah, soalnya belum ada pernyataan resmi dari SM Entertainment.


Setelah 2 jam sejak berita tersebut rilis, SM akhirnya mengumumkan kalau artisnya meninggal keracunan briket batu bara di apartemennya. Kaget dan mendadak sedih. Ini bukan lebay sih. Padahal aku juga bukan Shawol (Sebutan penggemar Shinee). Meski begitu aku suka denger lagu-lagunya. Pertama kali denger lagunya dan enak banget itu pas jadi soundtrack drama “Boys Before Flower” dan dari situ aku mulai jatuh cinta sama Lee Min Ho. Lah.....ini bahas apa Ta. Oke Fokus.


Sejak hari itu emang di twitter ramai banget. Muncul surat terakhir Jonghyun untuk kakaknya yang menyebut kalau ia sangat depresi dengan kehidupannya. Bahkan dulu-dulu juga banyak Idol Korea yang memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hal ini karena depresi yang mereka rasakan. Memang sih, setiap orang nggak pernah tau apa yang sebenarnya orang lain rasakan. Yang mereka lihat hanyalah, “Oh dia tertawa bahagia. Berarti dia sedang bahagia banget” , “Dia kenapa murung, pasti lagi ada masalah”. Tapi kenyataannya tak seperti itu.


Bukannya Sotoy, tapi aku pernah baca artikel kalau kehidupan Idol di Korea sebenarnya sulit. Bahkan ada yang menghabiskan banyak uang selama masa training. Mereka hanya akan diakui kalau albumnya sudah terjual. Pokoknya banyak kesulitan selama menjadi trainee. Berarti idol yang lagi populer seperti BTS, Black Pink itu juga dulunya sulit banget ya, bisa sepopuler seperti sekarang. Salut. Semua memang butuh kerja keras. Nggak ada yang insan. Salut sama mereka.


Dari kasus bunuh diri yang dialami para Idol, aku jadi mikir, ternyata depresi itu bahaya banget. Meski beberapa orang menganggap depresi adalah hal yang wajar, nyatanya bisa bikin seseorang mengakhiri hidupnya. Depresi juga nggak hanya dialami oleh orang-orang populer saja, bahkan “orang biasa” juga bisa mengalami depresi. Jadi, kira-kira apa aja yang bisa bikin orang tertekan dan bagaimana supaya kita terhindari dari depresi?


Hal sepele yang bisa bikin orang merasa tertekan

1.Keinginan yang tidak bisa terpenuhi.

Tiap orang tentu punya kepinginan beda-beda. Tapi ada beberapa orang yang punya karakter begini, “Pokoknya aku mau ini, gimana caranya harus dapet”. Dan kalau nggak kesampaian bisa kepikiran dan lama-lama depresi.

2.Tuntutan yang terlalu tinggi.

“kamu harus begini, begitu, harus jadi ini, jadi itu”. Oke fine. Sekarang ini bukan jaman seenaknya saja nuntut orang kudu begini begitu. Tapi ini tidak berlalu bagi karyawan kok. Selama kamu enjoy pekerjaan, ya bakal merasa tidak sedang dituntut. Ini hanya sekedar contoh yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya perlakukan orang tua yang mengharuskan anak harus begini dan begitu. Karna setiap anak punya karakter masing-masing, jadi jangan asal paksa.

3.Merasa terpojok.

Terpojok disini maksudnya, menanyakan hal-hal yang membuat orang tersebut sulit untuk menjawabnya. Misalnya, “kamu kapan lulus, kapan kerja, kapan nikah, kapan punya anak, kapan dan kapan”. Nah, pernyataan sepele kayak gitu juga bikin orang terpojok dan akhirnya depresi lho. Ati-ati kalau tanya ya. Jangan terus-terusan nanya kapan nikah. Tar juga nikah kok, tunggu aja. *MalahCurhat

4.Memikirkan hal-hal yang nggak penting.

Dalam hidup memang kita nggak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. It’s okay lah. Jangan terlalu menjadi beban. Siapa tau ada kesempatan lain yang lebih bagus. Ya kan? Sayangnya masih banyak orang yang apa-apa dikit kepikiran. Nggak ngasih tempat duduk pas di transportasi umum aja kepikiran banget mpe ngga enak makan. O...Please. Yang sudah ya biarkan saja. Jangan membebani diri dengan hal-hal sederhana. Let it flow...

5.Bullying.

Kasus bully memang paling banyak dialami seseorang hingga membuatnya tertekan. Mereka biasanya berkelompok dan mengolok-olok satu orang dengan kondisi tertentu. Kadang aneh juga sih, kenapa ada orang yang tega mengolok-olok orang lain menyangkut kelemahannya. Kenapa nggak pernah berfikir kalau ia ada diposisinya? Kalau korbannya sampai butuh diri karna tertekan, emangnya mereka mau tanggung jawab?


Cara agar terhindar dari depresi

1.Selalu berfikir positif.

Meski cara ini sepele, tapi beberapa orang masih belum bisa mengamalkannya. Kalau Cuma ngomong, “Udah deh, mikir positif aja” sih emang gampang. Yang sulit adalah benar-benar mengamalkannya. Apalagi sedang dalam kondisi yang terpojok, mana bisa mikir positif. Tapi, biasakanlah. Karna berfikir positif akan menjauhkan kita dari tekanan.

2.Cuek.

Seiring dewasanya kita, pasti ada saja hal-hal yang sebenarnya mengajarkan kita untuk bersikap lebih dewasa. Hanya saja kita menganggapnya ini sebuah masalah. Misalnya saja banyak omongan orang sana sini karena belum ini itu. Hal kayak gitu kalau terlalu dipikir emang bikin stres. Mending  cuekin aja. Toh setiap orang punya pendapat yang berbeda-beda. Bagi orang yang nggak suka sama kita, meski kita sudah berbuat baik sekalipun mereka akan tetap berpikiran buruk. So, just be good.

3.Perbanyak refresing.

Refreshing nggak selalu ke tempat-tempat yang mahal kok. Karna semua tergantung cara pandang kita. Belum tentu kalau pergi ke tempat yang mahal lantas bikin kita bahagia. Beberapa orang lebih merasa bahagia karna pergi ke tempat yang sederhana. Karna yang mereka cari hanyalah suasana yang menenangkan.

4.Lakukan hal yang menyenangkan.

Salah satu cara untuk menghindari depresi adalah melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Kalau kamu suka makan, ya makanlah apa yang kamu suka. Kalau suka musik, denger apa yang kamu suka. Kalau suka nulis, tulis saja apa yang kamu rasakan. Selagi kita bahagia dan tidak merugikan orang lain, nggak ada salahnya kok.


Menurut pengamatanku ((((ceileeee)))) ciri orang deperesi itu berbeda-beda. Ada yang murung, ada yang keliatan bahagia, ada yang aneh, pokoknya macem-macem. Kalau aku pribadi sih, ngeliat orang depresi bisa dari statusnya, kalau dia ngeluh terus, berarti lagi depresi. Kalau postingannya hepi-hepi, belum tentu dia juga bener-bener bahagia. Ye kan?


Dalam hidup, kita memang harus menampilkan apa yang terbaik agar orang beranggapan kalau kita baik-baik aja. Begitu juga dalam dunia selebriti, seolah mereka punya segalanya, jalan-jalan ke tempat-tempat mahal, makan di restaurant mahal, naik pesawat kelas VVVVVVVVVVVVIP, dan banyaklah. Seolah nggak kurang apapun. Tapi nyatanya ada yang kita nggak tau, karna emang nggak terlihat.


Depresi bukanlah hal yang sepele. Jangan anggap remeh orang deperesi karna mereka bisa berbuat nekat. Tapi kadang masih ada saja orang yang nggak sadar kalau perkataannya sangat menyakitkan bagi orang lain, hingga membuatnya stress berlebih.Akhirnya minder dan depresi.


Tuhan menciptakan satu mulut dan terserah kita mau pakai untuk berkata baik atau buruk tentang orang lain. Yang jelas, orang yang berakal tau bagaimana cara menggunakannya. Karna apa yang kita tanam akan kita tuai kemudian hari. Jadikan dirimu orang yang paling beruntung karna hal ini mampu membuatmu jauh dari stress dan depresi.


Setiap orang dilahirkan berbeda....

Setiap orang dilahirkan unik....

Setiap orang dilahirkan spesial....

So, love yourself.





~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment