Monday, 1 June 2020

7 Langkah Mudah Daftar Kartu Prakerja



 
Sumber Gambar : Google

Sejak kemunculannya beberapa bulan lalu, aku penasaran banget sama yang namaya kartru pekerrja ini. Mengapa sebegitu penasarannya? Karena waktu itu mikir gimana kalau missal kontrak kerja nggak diperpanjang dan sedang dalam masa pandemic seperti ini? Hingga akhirnya beneran terjadi donk? Kontrak kerja beneran kaga diperpanjang dan aku mulai mikir, “gilaaa aja gimana caranya dapert kerja di era yang lagi kayak gini (Read: Serangan mbak NONA---CORONA).


Sebenarnya bisa saja mengandalkan skill yang dimiliki seperti menulis, menerjemahkan, membuat konten buat IG, jualan online dan masih banyak lagi. Tapi kalau hanya mengandalkan itu saja sih rasanya ada yang kurang. Ini bukan masalah kurang bersyukur ya, tapi lebih ke realita aja. Kita hidup juga butuh tempat tinggal, makan, cari duit buta nabung masa depan dan ini itu. Iya nggak sih? Realisis aja kalau masalah CUAN. Ingat ya, rejeki memang sudah diatur, tapi kalau nggak dicari ya wassalam.


Oke lanjut ke kartu pekerja yuk…..

Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia. Hanya saja, krisis dan pandemi mbak Nona (COVID-19) melumpuhkan banyak kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi yang berdampak pada kerugiuan besar. Hal ini membuat Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil tindakan dan inisiatif.

Dilansir dari beberapa media menyebutkan bahwa,"Presiden memutuskan untuk mempercepat proses realisasi program pembagian dan pengadaan Kartu Prakerja Nasional lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan kartu ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK yang terjadi dimana- mana akibat pandemi corona yang  mewabah di banyak bagian daerah Indonesia".

Dan menurut artikel yang sudah aku baca, Pemerintah akan segera merilis Kartu Prakerja 2020 nasional dalam waktu dekat ini, yaitu bulan April  yang akan diharapkan mampu untuk membantu pekerja Indonesia. Selain itu pemerintah juga akan menambah anggaran dana Program Kartu Prakerja dari yang semula berjumlah 10 triliun Rupiah, naik menjadi 20 triliun.


Peserta yang mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini  masing- masing akan menerima uang sejumlah Rp 3.550.000 selama menjalani program. Apabila dirincikan lebih lanjut, bantuan intensif tersebut telah meliputi biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000 yang tidak dapat dicairkan, kemudian intensif setelah berhasil menuntaskan pelatihan dengan jumlah Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan masa pelatihan serta dana intensif survei sebanyak Rp 150.000.


Dalam artikel Kompas juga menyebutkan bahwa, Kartu Pra Kerja merupakan kartu yang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). Skilling menyasar bagi pencari kerja berstatus fresh graduate baik baru lulus sekolah maupun kuliah.

Sementara re-skilling menyasar pekerja ter-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau berpotensi ter-PHK. Pembekalan bertujuan memberikan keterampilan yang berbeda atau baru untuk alih profesi misalnya menjadi wirausaha. Tujuan program Kartu Pra Kerja adalah mengurangi pengangguran maupun mencegah pengangguran kembali. Kartu ini juga digunakan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja.

Nah....dengan adanya serfitikat kompetensi kerja tersebut, aku jadi makin penasaran donk. Lalu aku daftar. Beginilah cara paling mudah buat mendaftar. Tapi sebelumnya pastikan kamu punya foto KTP yang ukurannya kurang dari 2 MB dan foto selfie megang KTP dengan ukuran yang sama. Soalnya pas aku daftar kemarin aku "mandeg" sebentar karena harus selfie dulu sama KTP.

Berikut cara mudah mendaftar kartru pekerja;

1.Langsung masuk aja ke web Prakerja

2.Klik daftar dan masukkan alamat email untuk verifikasi

3.Cek email. Nanti kamu bakalan dapet verifikasi di email. Klik untuk melanjutkan mengisi data-data yang diperlukan.

4.Isikan data sesuai dengan KTP.

5.Kemudian jawab pertanyaan yang ada. Pada bagian ini kamu bakalan disuruh memilih pelatikan yang ingin kamu ikuti.

Pelatihan tersebutr meliputi, Teknik, Teknologi informasi, Keuangan, Perkantoran, Management, Marketing, Bahasa Asing dan masih banyak lagi. Pilih yang ingin kamu pelajari agar skill dalam bidang tersebut semakin meningkat.

6.Selanjutnya upload KTP dan selfie kamu pas megang KTP. Pastikan data-data yang kamu miliki benar-benar sesuai. Kemudian bisa klik, selanjutnya.

7.Isikan nomer handphone yang kamu pakai. Nantinya akan ada verifikasi melalui SMS. Kemudian masukkan pada kolom yang sudah disediakan.

Setelah ketujuh cara tersebut sudah selesa. Langkah selanjutnya adalah mengikuti tes dengan mengerjakan soal-soal sebanyak 18 buah dalam waktu 25 menit. Tapi pasti selesainya nggak sampai 25 menit kok. Soalnya cukup ringan.

Oiya, pastikan saat mengikuti tes ini, koneksi internet stabil ya. Pas aku kemarin, ada beberapa gambar yang nggak muncul karena koneksi yang tersendat-sendat. Kalau sudah tinggal klik selesai dan kamu akan langsung diarahkan ke dashboard.

Nanti akan muncul seperti ini;



Setelah itu tunggu hingga dibuka seleksi berikutnya yang entah kapan. Yang jelas prakerja ini kayaknya bakalan lumayan banget buat upgrade skill. Selamat mencoba yak...

~MissAnt~



Popular Posts