Monday, 28 October 2019

Menu Sehat Yang Wajib Dicoba




:Ah.....aku nggak makan nasi ah sekarang.

:Halah...sok-sok an diet.

:Lah kagak donk.

:Lalu kenapa kagak makan nasik wooiii...


Begitulah kira-kira tanggapan orang kalau ngeliat orang lain nggak makan nasi. Padahal kan ya, nggak makan nasi  bukan berarti diet. Bisa aja dia sedang mengurangi nasi dan diganti dengan yang lain, misalnya aja pakai kentang, jagung,tahu putih dan lain sebagainya.

Sekarang gini,  makin banyak orang yang sudah berumur (30 tahun ke atas udah termasuk berumur lho ya), tentu akan semakin pilih-pilih makanan. Dalam artian, mereka tidak lagi makan yang asal kenyang tapi juga memikirkan mana makanan yang baik untuk kesehatan. Betul nggak? Kalau iya berarti kamu udah berumur. heheee....

Ngomongin soal makanan sehat, aku juga udah mulai mikir-mikir dan pilih-pilih. Nah loh ketahuan kan udah berumur. Mungkin karna sekarang ini banyak anak-anak muda yang umurnya kurang dari 30 tahun dan udah mulai penyakitan (Maksudnya udah banyak orang yang umurnya kurang dari 30 tahun yang udah mulai kena, stroke, jantung, kolesterol tinggi dan penyakit jahat lainnya) . Untuk mengantisipasinya, marilah kita ubah pola makan terlebih dahulu.

Kalau aku yang dulu emang suka jajan ini itu, ngemil ini itu tanpa peduli, eh...ini kan kalorinya banyak, ini kan bikin kolesterol, ini kan itu dan bla...bla...bla..., sekarang jadi lebih peduli sama pola makan. Mumgkin udah sadar diri kalau udah mulai tua...hahaha....jadi gaya hidup juga harus dijaga banget.

Aku pribadi untuk saat ini memang nggak  mau ribet masak yang berat-berat.  Lebih suka nyari makanan sehat yang simple aja sih, jadi ya agak susah. Mana ada makanan sehat yang simple. Yang ada juga makanan siap saji.

Tapi kali ini aku udah mulai membuka harti untuknya. Loh....maksudnya udah mulai membuka hati  untuk memikirkan apa aja menu yang sekiranya praktis dan menyehatkan untuk dimakan. Sebenatrnya udah kurang lebih seminggu aku udah nggak makan nasi, dan menggantinya dengan kentang.

Bagiku, yang namanya mencari menu yang menyehatkan emang nggak mudah. Apalagi kalau belum terbiasa,  pastinya bakalan laperan terus. Aku awalnya juga begitu, tapi semakin lama badan semakin enak kalau makan tanpa nasi dan menggantinya dengan kentang.

Sebelumnya udah gugling kira-kira menu apa aja yang sekiranya menyehatkan dan praktis. Tapi semua itu emang nggak mudah sih. Jadi ya aku memutuskan untuk membuat menu sendiri aja. Insya alloh menyehatkan. Buat kalian yang lagi nyari menu yang sehat dan praktis, mungkin caraku ini bisa ditiru.

Menu sehat dan praktis yang bikin badan makin sehat

Menu sarapan



Sebagai anak kost lagi, aku emang agak susah memilih menu buat sarapan. Kalau dulu sih andalanku energen (Ini dulu banget pas masih kuliah), tapi lama-lama kok kurang greget gitu. Sekarang aku lebih suka  sarapan roti tawar. Selain itu, kalau pas liat buah pisang yang masih seger, aku suka beli dan tak pakai buat sarapan. Nggak banyak kok, cukup satu buah aja sih.

Tak hanya itu saja, aku juga kadang sarapan pake Choco crunch yang dicampur sama susu ultramilk. Dan ini bisa kamu dapatkan di Indomaret atau alfamart atau supermarket mana aja deh. Praktis kan? Tinggal di tuang di gelas, udah deh langsung makan.

Menu makan siang



Untuk menu makan siang yang dulunya suka beli lotek atau nasi padang, kini aku lebih memilih kentang sama telur rebus. Selain itu, aku biasanya makan sayur sop yang ada kentangnya. Ini sih memang beda-beda, kadang ada yang jual sayur sop yang nggak ada kentang. Kebetulan yang jualan sayur sop langganan selalu ada kentangnya. Jadi aku ambil kentangnya (cukup banyak). Hahaha....

Sayur sop tersebut bisa kamu tambahkan ayam rebus atau tempe bacem meski kadang yang lebih menggoda adalah bakwan jagung goreng, tapi demi kesehatan, mending pilih yang rebus-rebus dulu deh.

Menu makan siang lain bisa salad buah sih. Kalau kita pikir ternyata salad buah kurang mengenyangkan, tapi nyatanya aku salah. Salad buah ternyata bisa bikin kenyang juga kok, apalagi kalau ada kejunya. Udah dijamin kenyang dan sehat deh.

Menu makan malam

Menu makan malam ini kadang emang masih sulit sih. Kalau aku kadang cuma beli jus tomat atau wortel yang tanpa tambahan susu maupun gula. Jadi pure tomat dan wortel. Tapi kalau masih laper biasanya makan roti tawar lagi.

Begitulah menu hidup sehat dan praktis yang patut dicoba. Kalau bisa rutin kayak gini kayaknya kita bakalan lebih sehat. Nggak makan nasi juga bukan berarti diet. Kadang kita punya cara sendiri untuk memulai haya hidup yang baru. Dan itu nggak papa asal yang kita konsumsi juga menyehatkan.

~MissAnt~

Popular Posts