Wednesday, 31 October 2018

5 Pelajaran Yang Tidak Diajarkan di Sekolah



Pernah berfikir nggak, banyak pelajaran sehari-hari yang sebenarnya tidak kita dapatkan saat sekolah. Meski menempuh pendidikan yang tinggi, nyatanya kita tak mendapatkan beberapa hal berikut saat sekolah.

Lalu, apa saja pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah? 

1.Cara mengelola waktu.

Mengelola waktu nyatanya ngga mudah. Memang tergolong sepele sih  tapi nyatanya hal ini sangat penting dalam hidup. Sekalinya ngga bisa mengatur waktu, maka bakalan berantakan. 

2.Cara berkomunikasi yang baik.

Komunikasi sangatlah penting dan semua orang bisa berkomunikasi. Meski begitu, tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik. Ini tentu tidak diajarkan disekolah bukan?
Tapi jangan khawatir, kamu bisa belajar dari kehidupan sehari-hari. Gimana bisa? Ya perhatikan saja orang sekitar klo lagi berkomunikasi, dengan begitu kamu bisa belajar. Simple kan? 

3.Cara mengendalikan emosi.

Ada yang bilang begini, “Pemenang adalah orang yang bisa mengendalikan emosi”. Yap, bener banget. Bahkan semunafik apapun seseorang, pada akhirnya akan kalah melawan diri sendiri.

Hanya orang-orang yang sabar yang mampu perang dengan dirinya sendiri dan akhirnya menang. Coba kamu yang selalu merasa memang sendiri, bisa ngga perang melawan diri sendiri dan menang? 

4.Cara menghadapi kegagalan.

Tidak semua hal yang kamu inginkan dapat terwujud. Adakalanya kita mengalami kegagalan. Bagaimana cara mengatasinya? Apakah diajarkan ketika di sekolah? Tidak. Cara bangkit dari kegagalan bisa kamu pelajari sendiri.  Dan hanya orang-orang yang sabar dan bijak dan sabar yang mampu belajar dari kegagalan.

5.Cara menghargai orang lain.

Meski dianggap hal yang mudah, nyatanya tidak semua orang bisa menghargai orang. Hal ini memamg tidak diajari di sekolah, jadi kamu harus belajar sendiri. 

Berhubung menghargai  orang merupakan pelajaran yang penting dan tidak diajarkan di sekolah, jadi perlu ditanamkan sejak kecil. Kalau punya anak sebaiknya ajarkan cara menghargai orang sejak dini, supaya nanti bisa menghargai orang lain. 

Itulah 5 hal penting yang tidak diajarkan di sekolah. Kamu harus siap belajar kapan saja dan di mana saja. Kalau kalian nemu selain 5 yang aku tulis di atas, bisa langsung tambahin di kolom komentar yak.

~MissAnt~

Tuesday, 30 October 2018

5 Tips Membuat Video Agar Lebih Profesional

Sumber  : Google


Tips membuat Video khususnya untuk sosial media sebaiknya harus lebih diperhatikan. Hal ini agar pengunjung website lebih merasa “dimanjakan” saat berkunjung. Dalam membuat video di Sosial media, sebaiknya harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

Tips membuat video yang cocok untuk pemula.

1.Rencanakan seperti apa konten yang akan dibuat.

Ternyata dalam membuat video tak sekedar membuat video. Kamu berfikir tentang apa yang kita capai dalam pembuatan video tersebut. Misalnya, apakah dari video tersebut, kamu akan menarik pengunjung ke blogmu atau memberikan informasi menarik lewat video tersebut?  

Selain itu, konten yang kita berikan juga harus sesuia dengan pembaca blog kita. Nggak mungkin dong, kalau kamu suka traveling tiba-tiba bikin video tentang cara memasak nasi goreng yang enak.  Kamu juga harus tau selera audience kamu agar video yang kamu buat bermanfaat buat mereka.

2.Tentukan background yang tepat.

Nah ini sangat penting. Ketika kamu bikin video, jangan hanya hanya fokus pada kontennya saja. Usahakan menyesuaikan dengan kehidupan nyata seperli langsung berada di lokasi. Jangan bohongi audience dengan background editan. Sekarang warganet sudah cerdas lho.

3.Tak perlu membeli kamera baru.

Membuat video menarik tak harus beli kamera baru. Kalau nggak punya kamera, kamu bisa memakai kamera smartphone. Nggak perlu khawatir hasilnya jelek. Sebelum  menggunakannya, kamu bisa setting kamera smartphone terlebih dahulu. Dengan begitu, hasilnya nggak kalah bagus dengan kamera digital berkelas. Gimana? Caranya lebih simple, kan?

4.Jangan gunakan mic pada kamera.

Untuk membuat video dengan kamera, usahakan jangan memakai mic pada kamera. Sebaiknya gunakan audio recorder agar suaranya lebih jelas. Hal ini juga akan membuat video lebih enak didengar.

5.Pilih cahaya yang tepat.

Cahaya yang tepat juga mempengaruhi kualitas sebuah video. Makanya kalau bikin video jangan tanggung-tanggung.

Agar kamu nggak nyesel karna terlanjur bikin video, berikut ada beberapa tips pengambilan cahaya agar kualitas video lebih bagus dan menarik.

-JIka dilakukan di luar ruangan, usakahan waktu pengambilannya, saat sedang mendung, satu jam setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari tenggelam.

-Jika ingin mengambil di dalam ruangan, usahakan memilih cahaya yang natural seperti di dekat jendela. Untuk pilihan lain bisa mengambil tempat yang ditambah dengan cahaya lampu.

Dengan cara seperti di atas akan membuat hasil video lebih menarik dan memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

6.Sebarkan video lewat akun sosial media yang kamu miliki.

Setelah bikin video yang bagus banget, Sayang donk kalau ngga dishare. Kamu bisa share di akun sosial media yang kamu miliki seperti Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram. Dari situ kamu juga bisa tau, kira-kira konten seperti apa yang disukai audiencemu.

Membuat video menarik ternyata nggak susah-suah amat, asal kita mau belajar. Bagi para pemula yang ingin membuat video sebaiknya ikuti tips membuat video agar banyak pengunjungnya.


~MissAnt~

Monday, 22 October 2018

7 Cara Menulis Review Buku Paling Mudah



Menulis review buku tidaklah sulit kalau kita menyiapkan apa yang akan kita tulis. Saking sukanya dengan buku tersebut, kadang orang terlalu antusias pingin dibahas semuanya. Nggak papa sih. sebenarnya banyak ada dua cara dalam mengulas buku yang kita baca, yang pertama mengulas karena kita terlalu menggebu-nggebu dengan buku tersebut, yang kedua mengulas dengan alasan agar orang lain juga mau membaca buku tersebut.

Kamu yang mana?

Keduanya bagus kok. Hanya saja cara penyampaiannya berbeda-beda. Nggak papa, toh pemikiran tak harus sama. Kita bebas berkreasi. Ya nggak? Iyain ajalah biar cepet.

Untuk memudahkan  dalam menulis review buku, berikut ada poin penting yang bisa kamu coba. Jadi apa saja poin penting tersebut, yuk langsung simak aja.

1.Memperkenalkan buku.

Pada poin ini biasanya terdiri dari 1-2 kalimat. Nggak perlu panjang dan jangan terlalu pendek. Yang penting para pembaca tau tentang buku ini lewat apa yang kamu tulis.

2.Memperkenalkan pengarangnya.

Mengulas buku ternyata tak sekedar menulis apa yang ada dalam buku tersebut. Kamu juga harus melibatkan pengarangnya. Tulislah 1-2 kalimat tentang penulis buku yang kamu ulas. Hal ini penting agar pembaca tau apa saja yang buku yang ditulis oleh pengarang tersebut.

3.Meringkas apa yang menarik pada buku tersebut.

Ketika membaca buku, kamu pasti menemukan hal menarik kan? Nggak mungkin enggak donk. Secara kamu sudah memilih untuk membaca, artinya ada poin penting yang kamu sukai. Ya kan...ya kan?

Tulis apa yang menarik antara 1 – 3 kalimat. Kalau menurut kamu yang menarik lebih dari satu, ya tulis aja masing-masing 1-3 kalimat. Pokoknya jelaskan secara singkat padat dan mendalam.

4.Ceritakan tentang apa yang paling kamu sukai pada buku tersebut.

Yang menarik dengan yang kamu sukai itu beda lho. Tulis apa yang akan kamu sukai pada buku tersebut. Setelah membaca, pasti akan ada hal yang paling ngena dan ingin kamu tulis. Tulis saja semuanya.

5.Ceritakan apa kekurangan buku tersebut.

Kalau aku biasanya nggak pernah menulis poin ini. Mengapa? Karena aku hanya menulis apa yang aku sukai. Kenapa hanya yang disukai? Karena aku kalau beli buku sudah pasti milih yang aku suka. Jadi ya yang aku ulas hanya yang terbaik. Kalau beli buku dan kamu ngulas hal yang nggak kamu suka, berarti kamu nggak bisa milih buku yang bagus.

6.Katakan apakah buku ini recomended atau tidak.

Memang sih, selera orang dalam membaca buku itu berbeda-beda. Tapi tenang saja, pasti ada orang yang sama-sama punya kesukaan seperti kita. Dalam mengulas buku, usahakan kamu ngasih rekomendasi yang jujur. Dengan begitu orang tidak akan ketipu. Jangan sampai orang merasa kecewa baca buku karna kamu memberikan informasi yang mengada-ngada.

7.Berikan CTA

Setelah orang tertarik dengan ulasan buku yang kamu buat. Kini saatnya ajak mereka CTA (Call To Action). Ini merupakan sebuah ajakan untuk membeli. Tapi kalau aku melakukan ini bukan karna diendorse lho (Yakali diendorse, emang aku sepopuler apa sih), tapi karena ingin membuat pembaca punya pemikiran LEBIH terbuka akan suatu hal.

Begitulah cara paling mudah dalam mengulas sebuah buku. Kalau kamu pingin lebih mudah menulis review buku sebaiknya gunakan cara di atas.

~MissAnt~


Makna Perayaan Sebaran Apem Jatinom Tahun 2018



Kamu pasti pernah mendengar Sebaran apem Jatinom bukan? Lantas apa yang terlintas dibenak ketika mendengar  kata apem. Enak? Lezat? Gurih? Mengenyangkan? Yap benar semua.  Tapi dibalik kelezatannya, ada sejarah mengapa ada sebaran apem di Jatinom.

Sebagai orang yang tinggal di Jatinom, nampaknya aku harus tau sejarahnya.  Biar kalau pas bawain apem, aku bisa jawab. Nah, dari pada aku bolak-balik jelasin, mending aku tulis aja deh. Tar kalau pada nanyak, langsung aja aku kasih link blog ini. Hahahahahaaaa~

Sejarah sebaran apem di Jatinom

Pada zaman dahulu kala (Cieee kayak orang mau ngedongeng aja ...) ada seorang ulama yang sedang melakukan syiar agama islam di Jatinom. Ulama tersebut bernama Ki Ageng Gribig. Konon katanya, Ki Ageng Gribig hanya membawa 3 buah apem dari Mekkah. Dengan 3 buah apem tersebut, Beliau membagi-bagikan apem ke penduduk Jatinom sambil berdakwah. Namun anehnya apem tersebut tidak habis meski dibagi rata dengan penduduk Jatinom.

Saat akan membagi-bagikan ke penduduk, apem tersebut masih dalam keadaan hangat. Sambil membagi-bagikan apem, Ki Ageng Gribig berkata, “Apem Yaa-qowiyyu” dan berdoa agar apem tersebut cukup untuk mencukupi anak cucu penduduk Jatinom.

Yaa-Qowiyyu sendiri memiliki arti “Ya Alloh mohon kekuatan”. Dengan harapan agar penduduk sekitar bisa lebih bertenaga dengan memakan sebutir apem. Dari situlah ada perayaan sebaran apem sebagai bentuk perayaan Ki Ageng Gribig dalam menyebarkan agama islam khususnya di Jatinom.

Makna Gunungan pada Apem

Sebelum apem di sebar pada hari Jum’at pada bulan Safar, ada 2 gunungan apem (lanang dan wadon) yang diarak pada hari Kamis, yang kemudian “dimalamkan” di Masjid Ageng Jatinom (Sekarang masjid besar Jatinom). Sebelum menuju Masjid Ageng Jatinom, gunungan apem diampirkan dulu ke Masjid alit Jatinom (Sekarang masjid kecil Jatinom) yang merupakan Masjid yang dibangun oleh Ki Ageng Gribig.

Ada perbedaan antara gunungan apem lanang (laki-laki) dan gunungan wadon (perempuan). Gunungan wadon lebih pendek dan berbentuk lebih bulat, smentara Gunungan lanang lebih tinggi dan di bawahnya terdapat kepala macan putih dan ular.

Konon, Kedua hewan itu adalah kelangenan Ki Ageng Gribig. Macan diibaratkan Kiai Kopek yakni macan putih kesayangan Ki Ageng Gribig, sedangkan ular adalah Nyai Kasur milik Ki Ageng Gribig. Selain itu, penyusunan gunungan apem juga tidak sembarangan.

Susunan apem memiliki arti. Penyusunannya dibuat  menurun dengan jumlah 4-2-4-4-3 yang berarti jumlah rakaat sholat dimulai dari Isya, Subuh, Zuhur, Asar, dan Magrib. Di antara susunan itu terdapat kacang panjang, tomat, dan wortel yang melambangkan masyarakat sekitarnya hidup daripertanian. Di puncak gunungan terdapat mustaka (seperti mustaka masjid) yang di dalamnya berisi
ratusan apem.

Puncak acara sebaran apem

Pada tahun ini, perayaan sebaran apem di Jatinom diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 26 Oktober 2018. Namun, untuk pembukaan sudah dilakukan pada hari Kamis tangga 18 Oktober 2018. Acara tahunan ini berlangsung satu minggu hingga puncak acara Sebaran apem.

Dalam seminggu tersebut, ada  banyak acara yang diadakan seperti, karnaval budaya, parade drumband,Gejog lesung, Jathilan, Kirab gunungan apem, hingga puncak sebaran apem pada tanggal 26 Oktober 2018.

Puncak acara biasanya dilangsungkan setelah Jumatan (Sholat Jumat), kurang lebih jam 1 siang. Gunungan apem nantinya akan dibawa oleh petugas menuju ke sendang plampeyan yang tak jauh dari masjid ageng. Para rombongan pembawa dan penyebar apem nantinya akan memakai pakaian putih lengkap dengan sorbannya.

Dari tahun ke tahun minat penonton sebaran apem Yaa-Qowiyyu selalu meningkat. Bahkan tak hanya dari penduduk lokal, banyak penonton yang berasal dari luar kota maupun wisatawan asing.

Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Menonton Sebaran Apem

Menyaksikan sebaran apem langsung di lokasi memang menyenangkan. Hal ini karna antusiasme penonton yang ingin mendapatkan apem yang dianggap sebagai berkah. Mitos ini memang seringkali beredar karena banyaknya orang yang tidak benar-benar tau apa makna sebaran apem yang sebenarnya.

Ada yang beranggapan bahwa ketika kita mendapatkan sebaran apem, maka kita akan mendapatkan berkah. Tak heran jika di lokasi sangat sesak dan penuh dengan lautan manusia. Tapi sebenarnya tidaklah seperti itu karena rejeki hanya datang dari Alloh SWT, bukan dari apem yang kita dapat saat sebaran apem.

Adanya sebaran apem hanyalah sebagai perayaan atau mengenang kembali Ki Ageng Gribig dalam menyebarkan agama islam di Jatinom. Apem yang disebar bukan hanya berasal dari gunungan saja, tetapi juga berasal dari sumbangan apem warga sekitar.

Jadi, jangan mudah percaya akan mitos yang menyebutkan bahwa, jika mendapatkan apem saat sebaran akan mendapatkan  berkah. Yang penting ikut merayakan saja,  kalau nggak dapet apem  dari sebaran, Kamu juga bisa beli apem di aku, karna aku juga jualan apem. Kan lumayan. Banyak pendatang dari luar daerah yang juga ingin mencicipi kelezatan apem. So, manfaatkan jualan apem. Haha....

Begitulah sedikit tentang sejaran sebaran apem di Jatinom. Kalau kamu penasaran kayak gimana kemeriahannya bisa langsung datang ke acara Sebaran Apem Jatinom yang akan berlangsung 26 Oktober 2018.

Sumber : Berbagai sumber.

~MissAnt~

Tuesday, 16 October 2018

Wisata Air Alami di Umbul Susuhan Jatinom




Direnovasinya Umbul Susuhan Jatinom ternyata mampu menjadi daya tarik wisatawan dari jauh maupun warga sekitar. Meski sudah lama diresmikan, nyatanya aku baru kemarin main-main ke umbul Susuhan. Ya meski melewatinya setiap hari, tapi belum sempet masuk aja. Tiap lewat emang ramai banget hingga akhirnya kemarin akhirnya masuk. Udah penasaran banget soalnya.

Umbul Susuhan Jatinom memang terkenal dengan mata airnya yang masih alamai. Meski sudah direnovasi dan semakin bagus, namun yang aku suka, umbul ini masih menyisakan kolam yang airnya masih alami dan segar. Penasaran kayak gimana? Begini nih penampakannya.



Ini dari depan yak. Pintu masuknya. Tapi sebelum masuk kamu harus bayar dulu di loket. Nggak jauh kok. Loketnya Cuma sebelahan.


Di sini nih. Kamu bakalan bayar Rp.8.000 per orang. Nanti kamu bakalan di kasih karcis warna biru sebagai tanda kalau kamu udah bayar.


Kalau sudah bayar, nanti kamu tinggal masuk aja. Oiya, Umbul Susuhan juga merupakan wisata keluarga. Umb ul ini dilengkapi dengan kolam untuk anak-anak hingga dewasa. Jadi, kamu bisa ngajak ponakan sampai Nenek atau Kakek kalian. Bahkan banyak orang tua yang hanya cukup berendam saja.

Yang paling aku suka, Umbul ini juga menyediakan kolam renang khusus wanita dan tempatnya nyaman banget karena ada Ibu-ibu yang mengawasinya. Sebelum masuk, alas kaki wajib dilepas di tempat yang sudah disediakan seperti ini nih.


Tingginya juga macem-macem lho, jadi kamu bisa milih mau berenang sedalam apa. Kira-kira beginilah penampakannya.


Kalau kamu mau renang di alam terbuka dan mencoba mata air yang masih alami, kamu bisa milih di sini nih. Ini airnya seger banget. Pokoknya enak banget buat berendam di musim panas seperti sekarang ini.


Penampakan kolam lainnya kayak gini nih.






Di dalam tempat ini juga disediakan ruang ganti pria dan wanita yang dipisah dan bersih. Kalau mau nyewa ban juga ada. Kalau mau jajan juga ada kantinnya lho. Lengkap deh. Tempat parkirnya juga tertata rapi dan ada mas-mas parkir yang bakalan bantuin kamu.

Oke kayaknya cukup sekian review tentang Umbul Susuhan. Kalau kamu penasaran dengan kesegaran mata air alaminya, kamu bisa langsung datang ke Umbul Susuhan Jatinom yang beralamatkan di Jl. Klaten - Jatinom No.7, Dusun 1, Manjungan, Ngawen, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tempatnya mudah dicari karena letaknya di pinggir jalan.


~MissAnt~


Sunday, 14 October 2018

10 Cara Mudah Mengatasi Printer Rusak



Menemukan cara mengatasi printer rusak tidaklah sulit. Bagi beberapa orang, printer merupakan benda penting. Yah wajah saja mereka panik kalau ada yag bermasalah dengan printer. Kerusakan pada printer emang berbeda-beda, salah satunya adalah hal yang sebenarnya sepele. Misalnya saja hasil printer menjadi bergaris rapi seperti pada gambar dibawah ini.



Cara mengatasi printer berbaris rapi tersebit tidaklah sulit. Yang kita butuhkan adalah santai sejenak dan ngopi-ngopi dulu. Aku nggak tau apakah cara ini bisa dipakai untuk semua tipe printer,  yang jelas kali ini aku akan membahas tentang cara mengatasi hasil printer bergaris rapi di Printer Canon MP287.

Meski sepele, namun mengatasi hasil printer bergaris rapi di Printer ternyata masih banyak yang belum tau. Begitu juga aku, aku taunya juga melihat sendiri cara memperbaiki sekaligus aku abadikan dan aku tulis di blog ini. Mau tau caranya kan? Yuk langsung simak aja

Cara mudah mengatasi hasil printer bergaris rapi

1.


Buka bagian atas printer, kira-kira seperti ini. Jangan lupa tarik bagian penyangga berwarna biru tersebut. Hal ini agar printer terbuka dengan sempurna.

2.


Ambil Cartridge pada tempatnya. Cartridge ini bentuknya 2 kotak. Nah, ambil semuanya yak. Jangan dipisahin atau ditinggal salah satu, tar malah kangen.

3.


Nanti kalau sudah diambil, bentuk detailnya seperti ini.


4.


Kemudian ambilah alkohol atau sejenisnya. Pokoknya cairan yang dipakai untuk membersihkan Cartridge. Tuangkan di tisu. Dikit aja, jangan kebanyakan.

5.


Kemudian gunakan untuk membersihkan bagian luar Cartridge. Bersihkan hingga tak ada yang belepotan.

6.


Setelah yakin bersih, kemudian lakukan pengecekan seperti ini. Kalau warnanya sudah muncul dengan rapi (tidak lagi pecah-pecah). Maka Cartridge tersebut udah bersih dan tak lagi memberikan hasil yang bergaris.

7.


Langkah selanjutnya adalah mengembalikan Cartridge di tempatnya. Caranya sama kayak tadi pas ngambil. Untuk memastikan sudah pas atau belum, pastikan keluar bunyi “cetit atau tik”. Kalau belum berarti belum pas, ulang lagi yak. Sampai bunyinya keluar.

8. 


Setelah sudah pas di tempatnya. Saatnya menutup printer. Pastikan bagian yang biru tertekuk dengan rapi. Kemudian rapatkan seperti pada semula.

9.

Untuk memastikan hasil yang sudah sempurna, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba print. Kalau hasilnya sudah tak bergaris seperti ini tandanya sudah normal kembali.


10.Selamat. Kamu berhasil memperbaiki printer yang bermasalah. Yeay........*TepukTanganSendiri

Kalau kalian besok-besok nemuin kasus printer kayak gini, nggak usah panik yak. Mending ngopi dulu sama jajan siomay, kemudian coba cara tersebut. Demikianlah cara mengatasi printer yang rusak dengan hasil bergaris.


Selamat mencoba

~MissAnt~


Friday, 12 October 2018

8 Trik Ampuh Membuat Artikel SEO



Cara membuat artikel SEO sebenarnya sangat mudah, hanya saja orang sering menganggapnya ribet. Tapi sebagai seorang Blogger (Cie sok blogger.....iyain aja biar cepet yak), tentu pemakaian SEO sangatlah penting agar artikel berada di halaman utama Google. Dengan begitu peluang oprang yang membaca artikel yang sudah dibuat juga semakin banyak. Seneng kan kalau dibaca banyak orang? Iyaaaaaaaaa....

SEO adalah proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan pada sebuah blog melalui mesin pencari (C.M.I.I.W). Kalau kamu bisa mengoptimalkan SEO, maka blogmu bakalan rame.

Membuat artikel SEO untuk pemula seringkali lebih sulit. Tapi emang wajar kok. Tapi ada beberapa trik ampuh agar kamu bisa menerapkan SEO di blog dengan mudah. Dijamin banyak pengunjungnya deh.

Cara paling ampuh membuat artikel SEO

1.Tentukan judul yang menarik.

Antara satu blogger dengan blogger yang lain tentunya memiliki perbedaan dalam menentukan tema apa yang akan ditulis. Tapi itu wajar kok. Yang jelas, kamu harus bisa bikin judul yang beda dan lain dari yang lain. Karna judul yang menarik akan mengundang orang lain buat “klik”.

2.Optimalkan User Experience.

User Experience adalah pengalaman seseorang saat membaca sebuah blog dan ini berkaitan dengan apa yang dirasakan saat membaca dan manfaat apa yang didapat (C.M.I.I.W).  Pokoknya, apa yang kamu rasakan ketika sedang membaca blog.

User Experience ini meliputi:

·         -Navigasi yang mudah.
·         -Kecepatan loading.
·         -Typo.
·         -Desain blog yang profesional.
·         -Huruf yang mudah dibaca.
·         -Interaksi yang baik dengan pembaca.
·         -Dan masih banyak lagi.

Kalau kamu bisa membuat pembaca betah banget “nongkrong” di blog mu, itu artinya kamu berhasil mengoptimalkan User Experience. Gampang kan? Gimana caranya? Sure you can do.

3.Maksimalkan penggunaan keyword.

Penggunaan keyword sangatlah penting. Inilah yang akan membuat artikelmu nangkring di halaman utama google. Membuat keyword juga nggak boleh sembarangan.

Adapun tips dalam memaksimalkan keyword, yaitu :

-Tempatkan keyword pada judul artikel
-Usahakan Keyword berada di awal kata atau kata kedua.
-Buatlah judul yang panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. (Karakter lho, bukan kata)

Jika kamu bisa memaikna keyword, maka artikelmu bakalan nongki-nongki manjah di halaman utama google. Keren kan?

4.Manfaatkan internal link.

Internal link adalah link penunjang yang berada dalam blog itu sendiri. Jadi misalnya kamu lagi nulis tentang “Pengoptimalan SEO”, maka kamu bisa masukin topik yang sejenis seperti “Perbedaan SEO on Page dan SEO Off Page” yang pernah kamu tulis. Pokoknya masukin aja link-link yang pernah kamu tulis karena akan memudahkan pembaca dalam mecari informasi tentang topik tersebut.

5.Optimalkan eksternal link yang relevan.

Ekternal link merupakan link penunjang yang berasal dari Website lain. Misalnya kamu lagi nulis tentang, “Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog” , kamu bisa menyematkan link yang merupakan sumber artikel yang kamu tulis tersebut. Usahakan yang relevan. Jangan menyimpang dari topik yang kamu tulis.

6.Pilih penggunaan URL yang pendek dan mengandung keyword.
URL ini seebenarnya sangat penting untuk diperhatikan, sayangnya sering diabaikan. Sedih yak diabaikan muluk (apaan deh).  

Contohnya begini,

- Anantafitri.com/10-cara-paling-ampuh-membuat-artikel-seo-yang-berhasil.

URL tersebut bisa diubah menjadi

- Anantafitri.com/cara-ampuh-membuat-artikel-SEO

Lihat bedanya kan? Pemendekan URL tersebut juga harus mengandung Keyword ya.


7.Mainkan variasi keyword.

Kalau udah nemu keyword yang pas, maka jangan ragu buat memainkannya. Nggak papa mainin keyword asal jangan mainin hati.

Contoh variasi keyword misalnya,

-Keyword utama : Cara membuat artikel SEO
-Variasi Keyword,

·          -Cara mudah membuat artikel SEO.
·         -Membuat artikel SEO untuk pemula.
·         -Dan mainkan sendiri

Alangkah sayang banget kalau nggak memainkan Keyword karna ini juga akan menunjang artikel berada di halaman utama google.

8.Perhatikan penggunaan mete description.

Meta description atau meta deskripsi adalah penjelasan singkat dari sebuah halaman web. Jangan lupa untuk menyertakan keyword pada meta deskripsi. Hal ini akan memudahkan mesin mesin pencari agar berada di posisi teratas. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan meta deskripsi juga ada aturannya yaitu tidak lebih dari 150 karakter. Yang penting padat, mudah dimengerti dan mencakup semuanya.

Itulah cara paling mudah dalam  mengoptimalkan SEO. Kalau kamu busa mengusai 7 hal tersebut, maka tulisanmu akan semakin banyak yang baca. Kalau pengunjung blogmu masih sepi-sepi aja, inilah saatnya mencoba cara membuat artikel SEO tanpa ribet.

Selamat mencoba~

~MissAnt~



Monday, 1 October 2018

5 Alasan Orang Lebih Nyaman Sendiri




“Diiih….nggak punya temen"

“Antisosial banget sih jadi orang"

Itulah hal yang sering dilontarkan bagi orang-orang yang kemana-mana sendirian. Belom lagi tar dikira kesepian dan si tukang pilih-pilih teman. 

*Sigh…

Suka heran sama orang yang pikirannya kolot kayak gitu. Melihat sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja. Kasian yak, pemikirannya sempit banget.
Zaman sekarang mah udah beda, masa iya pemikiran masih sama. Sekarang zamannya orang-orang berkreasi. Jadi biarkan dia seenaknya saja. Mau ngapain juga biarkan saja. Nggak usah banyakan komen. 

Siapa pembaca setiaku di sini ( kayak punya pembaca setia aja ) yang lebih nyaman ke mana -mana sendiri? Enggak kok, aku ngga bakalan ngatain kalian kesepian. Apa hubungannya kesepian sama ke mana-mana sendirian?

Asal tau aja ya, yang suka ngatain kesepian barangkali lebih kesepian kalik. Tau nggak sebenarnya ciri-ciri orang kesepian itu kayak gimana? Kalau belum, nanti bakalan aku tulis setelah ini.

Kali ini lagi pingin nulis alasan kenapa orang lebih nyaman ke mana-mana sendiri. Ingat ya penyendiri bukan berarti nggak punya teman maupun pacar loh. Kalau pikirannya masih kayak gitu berarti kamu orang awam. 

Dan inilah alasan kenapa banyak orang lebih nyaman sendirian.

1.Ngga ribet.

Ini nih yang bikin aku nyaman ke mana-mana sendiri.  Nggak ribet, nggak perlu tunggu-tungguan, dan pokoknya banyak nggak ribetnya. Kalau ngga percaya, coba aja deh. Sesekali nggak usah ke mana-mana gerombolan juga asik kok. 

2.Lebih santai.

Percaya nggak kalau kamu kemana-mana sendiri bakalan lebih santai gitu. Iya banget. Mau di suatu tempat sampai jam berapa juga santai sih, ngga perlu pakai ngga enakan segala.

3.Ngga dirempongin.

Pernah ngga mau pergi tapi temen-udah rempong banget, “Ayok buruan…ayo cepetan…bla..bla..bla…”. Hmm…jadi rempong banget kan. Mending sendirian ngga ada yang ngrempongin.

4.Mandiri.

Yap mandiri. Kamu bakalan belajar mandiri. Iya mandiri, ban bocor dorong sendiri, kelaperan cari makan sendiri, naik motor sendiri dan ngga ada yang motoin. Hayoloh~

5.Lebih puas dengan “Me time”.

Me time itu ternyata penting banget.  Bahkan ini bisa bikin mood bagus lho. Percaya ngga? Coba deh, sesekali jalan sendiri. Rasakan bedanya. Kalau kamu suka ke mana-mana sendiri, pastinya “Me time” bisa jadi moodboster kamu. 

Kira-kira ada alasan lain nggak, mengapa orang lebih suka sendiri. Kalau ada bisa tambahin langsung yak.

Jangan takut buat sendiri. Karna sendiri juga bukan berarti kalau kita kesepian. Pokoknya jangan mudah menilai orang yang kamu sendiri belum kenal banget yak.  #SelfReminder


~MissAnt~