Wednesday, 2 August 2017

Pengalaman Daftar CPNS

 CPNS oh CPNS, 2 kali daftar Cuma sampai tahap tes akademik doang.

“Kamu coba aja daftar CPNS, siapa tau rejeki”
“Sayang banget kan, udah memenuhi syarat tapi nggak daftar”
“CPNS udah buka belum? Jangan sampai kelewat lho. Kamu harus daftar”

Bla...bla..bla...begitulah respon beberapa orang mendekati pembukaan CPNS 2017. Terutama Ibuk-ibuk yang kepingin anaknya mengabdi ke Negara Kesatuan Republik Indonesia. Begitu denger kabar CPNS udah dibuka, pastinya Emak-Emak yang punya Anak udah lulus dan belum dapet kerja suruh nyobain daftar.
“Nak, kamu pokoknya harus coba CPNS. Demi masa depan”
Bentar-bentar, kadang kalo dipikir-pikir, pemikiran Ibuk-Ibuk emang rada aneh. Apa mereka pikir kalau nggak jadi PNS nggak punya masa depan gitu ya. Astagaaa......Maaf bukannya ngajarin buat melawan orang tua. Tapi emang bener kan? Intinya mereka beranggapan kalau non-PNS berarti nggak punya masa depan cerah.
*Huft....
*TarikNafasBuangLagiTarikLagiBuangLagi
Ikut daftar CPNS emang untung-untungan. Kalo rejeki mah, pasti ketrima. Enak banget ya ngomongnya. Tapi kalau denger-denger nih. Cuma denger-denger lho. Tapi nggak tau gimana-gimananya. Kalau CPNS daerah emang musti pakai duit buat lolos. Cuma denger-denger aja sih. Nggak tau benar atau enggaknya.
Ada dua tipe Ibuk-ibuk. Yang pertama, Optimis anaknya ketrima. Dan yang kedua, pesimis karena kalau nggak punya duit seabrek nggak bakalan lolos. Entah mana yang bener. Tapi kalau Aku emang denger dua-duanya.  Pernah denger yang beneran free sama yang pakai duit. Tapi itu entah bener atau enggak.
Orangtua mana yang nggak kepingin anaknya jadi pegawai pemerintahan. Secara tunjangannya banyak banget (CMIIW). Meski begitu, daftarnya juga ribet. Gimana nggak ribet? Kalo lagi daftar di jam-jam sibuk aja susahnya mintak apun. Ulang...ulang...dan ulang. Kadang baru registrasi online aja udah kesel. Mending kalau daftar pas tengah malem aja. Biar lancar.
Daftar dan lolos administrasi. Hmm....seneng sih. Tapi jangan seneng dulu karena banyak juga yang lolos administrasi. Kalau Aku 2 kali nyoba CPNS (Instasi yang sama yaitu KEMENLU) Cuma lolos sampai admininstrasi doang. Nggak papa, yang penting udah pengalaman prosedurnya kayak gimana. Nah...nanti kalau pas lolos administasi, pakaian yang buat tes juga ditentukan. Celananya harus gini, sepatunya harus gini. Dulu sempet rempong nyari bentuk sepatu yang sesuai permintaan. Waktu itu di KEMENLU. Tapi nggak tau kalo instasi lain.
Dulu pas ikut tes akademik Kemenlu di Kemayoran. Enak sih, dapet makan siang. Mirip-mirip KFC gitu. Mayan jadi nggak jajan. Tau sendiri kan? Kemayoran susah nyari jajan. Adanya orang jualan sekitar dan harganya pasti mahal. Secara JAKARTA lho. Tapi pas Aku nanya ke temen, dia juga ikut tes di KEMENHUMHAM, katanya nggak dapet makan siang dan tes nya di outdoor gitu.
Begitulah kalau daftar instani pemerintahan. Buanyakkkk banget. Sainganya juga pinter-pinter. Kebanyakan yang ikut CPNS kan cumlaude. Kalau Cuma rata-rata ya untung-untungan. Tapi semua kembali ke yang namanya HOKI atau BEJO.
Taun ini ada CPNS lagi dan suruh nyoba lagi sama Emak, sama Tante-tante, Pokoknya sama Emak-emak yang kepingin anaknya jadi pegawai negeri. Ya...ikut aja saran Emak-emak. Siapa tau lolos. Siapa tau lho. The power of doa Emak.



~MissAnt~

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts